Berita

LANUD TARAKAN LATIHAN PKD “WASPADA SIAGA”

Dibaca: 12 Oleh 24 Des 2013Tidak ada komentar
emb 314
#TNIAU 

Lanud Tarakan dan Bandar Udara Kelas 1 Juwata Tarakan mengadakan latihan bersama Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) di Runway Bandara Udara Juwata Tarakan. Senin, (23/12).

Dalam latihan ini diasumsikan Pesawat B 737-400 Merak Air Lines tujuan Jakarta-Tarakan dengan call sign /registrasi Merak 911/PK-MGS, POB 100 orang, ETA 05.00 UTC/13.00 Wita dengan keadaan normal dan visibility 10 Km. Pesawat ini mengalami crash landing, pada saat pendaratan dengan mengunakan Runway 24, pilot tidak dapat mengendalikan pesawatnya karena terjadi tire brush (ban pecah) sebelah kanan, kemudian pesawat swing ke kanan sehingga engine sebelah kanan menyentuh runway dan menimbulkan percikan api, wings pesawat pun terbakar di sektor 15 F (sesuai Grid Map).

Operasi penyelamatan pun segera dikoordinasikan oleh GM Bandara Juwata Tarakan dengan Danlanud Tarakan Letkol Pnb Bambang Juniar D, S.Sos, dan dalam hitungan menit semua unsur bergerak cepat menuju tempat kejadian untuk melaksanakan tugas masing-masing. Dalam kejadian ini banyak korban luka-luka ringan, berat, patah tulang (fraktur) dan korban meninggal yang secepat mungkin dievakuasi oleh tim Sar Gabungan dari Lanud Tarakan dan Bandara Udara Juwata Tarakan untuk di bawa ke RSUD Tarakan.

Baca juga:  PERLUAS WAWASAN DENGAN WISATA KE ISTANA PRESIDEN

Komandan Lanud Tarakan Letkol Pnb Bambang Juniar D, S.Sos selaku Wakil Ketua Komite dalam latihan kali ini menyampaikan “Untuk mencegah accident di Lanud Tarakan dan Bandar Udara Juwata Tarakan, para anggota harus selalu siap dalam situasi apapun dan selalu tanggap dalam kondisi emergency dan bahaya kebakaran seperti ini”.

Latihan kali ini diikuti oleh seluruh personel Lanud Tarakan, petugas Bandara Udara Juwata mulai dari petugas ATC, Meteo, BMG, PMK, Avsec dan unsur terkait lainnya seperti tim medis dari poliklinik Bhuwana Lanud Tarakan, poliklinik KKP Bandara Udara Juwata, RSUD Kota Tarakan, RS Pertamedika dan PMI Kota Tarakan, juga melibatkan unsur dari Polres Tarakan dan Basarnas. Dalam hal ini GM Bandara Juwata bertindak sebagai Ketua Komite dan Komandan Lanud Tarakan sebagai Wakil Ketua Komite.

Latihan ini di phadiri oleh Sekda Kota Tarakan Bpk dr. Chaerul Andi, Dan Lanud Tarakan, Danlanal Tarakan, Dandim 0609 Tarakan, unsur FKPD kota Tarakan dan undangan dari beberapa perwakilan Maskapai penerbangan dan para Kepala Bandara se-Propinsi Kalimantan Utara antara lain GM Bandara Berau, Nunukan, Tanjung Selor, Tana Tidung, dan Malinau.

Baca juga:  Danlanud Medan Berikan Santunan Dan Beasiswa Korban Medan Air Show 2015

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel