Berita

Lanud Wiriadinata Adakan SAR Dan Survival Dasar

Dibaca: 2 Oleh 19 Mei 2010Tidak ada komentar
Sukhoi Su-27
#TNIAU 

Kondisi cuaca di sekitar Jakarta dan Bandung tiba-tiba memburuk. Sebuah pesawat angkut yang telah melaksanakan misi bantuan sosial mengalami kerusakan mesin dan instrument tidak memungkinkan untuk tetap mendarat di Lanud Husein Sastranegara Bandung. Kapten pilot mengambil keputusan untuk mendarat di landasan alternate sesuai dengan briefing yaitu Lanud Wiriadinata Tasikmalaya. Pesawat langsung mengarah ke Lanud Wiriadinata, tetapi karena kerusakan kontrol system, pesawat tidak dapat dikendalikan dan mengarah menuju daerah Ciamis dan terus menurun dari ketinggian 4000 feet menuju 100 feet dan akhirnya pesawat jatuh di hutan sekitar Situ Lengkong Panjalu 30 Km sebelah utara Tasikmalaya.

 

Mendengar berita tersebut tim SAR TNI AU dibantu penduduk setempat segera melaksanakan pencarian. Dan berdasarkan penelusuran tanda jejak kaki yang diperkirakan berasal dari para survivor dan informasi yang didapat, tim SAR menyimpulkan bahwa crew dan penumpang pesawat selamat. Demikian skenario latihan SAR dan Survival Dasar Lanud Wiriadinata 2009 yang dilaksanakan di Situ Lengkong Panjalu Kabupaten Ciamis, Rabu (16/12).

Baca juga:  WARGA LANUD REMBIGA RAYAKAN IDUL ADHA 1432 H

 

Latihan ini dibuka secara resmi Komandan Lanud Wiriadinata Letkol Pnb Tata Budi Pratama di lapangan apel Lanud Wiriadinata dengan menyematkan pita latihan kepada perwakilan peserta latihan. Kegiatan latihan SAR dan Survival Dasar ini diikuti seluruh anggota Lanud Wiriadinata baik militer maupun Pns dengan start jalan kaki yang dimulai dari Kec. Panumbangan menuju Situ Panjalu. Perjalanan dengan medan yang sulit dilalui ini, disertai dengan halang rintang / mountenering panjat dan turun tebing dengan menggunakan tambang.

 

Tujuan diadakan latihan SAR dan Survival Dasar ini untuk melatih dan meningkatkan kemampuan personil Lanud Wiriadinata agar mampu melaksanakan SAR dan Survival Dasar di darat maupun di laut apabila dalam penerbangan terjadi kecelakaan di daerah yang sulit untuk mendapatkan pertolongan. Selain latihan, kegiatan ini untuk uji coba dua buah perahu karet / speed boat yang dimiliki Lanud Wiriadinata.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel