Berita

Lanud Wiriadinata Akan Buka Penerbangan Komersil

Dibaca: 10 Oleh 08 Mar 2015Tidak ada komentar
Lanud Wiriadinata Akan Buka Penerbangan Komersil
#TNIAU 

Pangkalan TNI AU Wiriadinata cukup strategis kalau digunakan untuk meningkatkan pengembangan perekonomian di wilayah Priangan Timur, seperti Garut, Ciamis, serta kota-kota kabupaten sekitar Tasikmalaya. 

Demikian dikatakan Kasau Marsekal TNI Agus Supriatna saat kunjungannya di Lanud Wiriadinata Tasikmalaya, Jumat (6/3). Kunjungan tersebut terkait akan dikembangkannya Lanud Wiriadinata untuk penerbangan komersil. 

Kasau mengharapkan, dengan dukungan dari masyarakat dan Walikota Tasikmalaya, Komosi V DPR RI serta Kementrian Perhubungan ini akan segera terlaksana dengan cepat untuk menjadi Bandara. 

Saat ini panjang Lanud Wiriadianata memiliki panjang landasan sepanjang 1200 meter dengan lebar 30 meter dan akan diperpanjang menjadi menjadi 1800 meter serta bertahap akan menjadi 2000 meter, jelas Kasau. 

Menurut Danlanud Wiriadinata Letkol Pnb herdy Arief Budiyanto, saat ini di dalam Lanud Wiriadinata ada beberapa objek vital seperti PT Dahana dan PT Dirgantara Indonesia (PT DI). 

Lanud Wiriadinata digunakan oleh penerbangan TNI AU khususnya penerbangan Navex (Navigatoin Exercise) dari Skadron Udara 2 dan Skadron Udara 45 Lanud Halim Perdanakusuma, Skadron Udara 7 Lanud Suryadarma danhome flight dari Lanud Adi Sutjipto Yogyakarta, serta special flight dukungan pejabat TNI/Polri. 

Baca juga:  Danlanud J.B Soedirman Hadiri Pembukaan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ ) Pelajar dan Umum Tingkat Kab Purbalingga Tahun 2019

Sedangkan untuk penerbangan sipil terdapat  Susi Air untuk mendukung kegiatan Pemda, JAT, AirFast dan PT Dirgantara Aviasi Enginering (PT DAE) untuk training siswa, ujar Danlanud. 

Walikota Tasikmalaya H Budi Budiman menjelaskan, Kota Tasikmalaya yang berada ditengah-tengah kota-kota kawasan Priangan Timur, ingin memanfaatkan aset TNI AU untuk dijadikan lapangan terbang komersial. Hal tersebut terkait Kota Tasikmalaya menjadi pusat perdagangan dan industri kreatif yang didukung oleh wilayah-wilayah Kabupaten Kota Priangan Timur. 

Pengoptimalan aset TNI AU Lanud Wiriadinata diharapkan mampu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, tidak saja Kota Tasikmalaya tetapi seluruh wilayah Priangan Timur, jelas H Budi Budiman. 

Turut mendapingi Kasau Marsekal TNI Agus Supriatna, para Asisten Kasau dan pejabat Mabesau, Pangkoopsai I, anggota Komisi V DPR RI Dapil Tasikmalaya dan Garut Ibu Nurhayati, Staf Dirjen Perhubungan Udara, Direktur Air Nav Indonesia, dan Direktur PT Dahana.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel