Berita

LANUD WIRIADINATA LAKSANAKAN BAKTI SOSIAL

Dibaca: 18 Oleh 28 Jun 2013Tidak ada komentar
M 458 NA B 25 Mitchell Indonesian Airforce 7168661149
#TNIAU 

Komandan lanud wiriadinata letnan kolonel pnb indan gilang b., s.sos beserta warga lanud wiriadinata melaksanakan kegiatan bakti sosial di lu langen, desa rejasari kec. Langen sari, kota banjar. Dan lu. Parigi, jumat, (28/6). Acara tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati hari bakti tni au ke 66 berupa kitanan massal sebanyak 13 anak, pengobatan gratis sekitar 100 orang warga, donor darah diikuti sekitar 40 orang anggota lanud wiriadinata, dan masyarakat sekitar lu.langen dan pemberian paket beras kepada warga sekitar yang kurang mampu dan seperangkat pakaian koko bagi anak yang dikitan .

Pada sambutannya komandan lanud wiriadinata mengatakan acra peringatan hari bakti tni au ke 66 yang diperingati setiap tanggal 29 juli ini, mempunyai nilai sejarah heroik kepahlawanan yang sangat besar artinya bagi bangsa indonesia dan khususnya bagi tni angkatan udara, dimana pada masa 66 tahun yang silam yaitu tepatnya pada tanggal 29 juli 1947, tni angkatan udara telah menorehkan tinta emas dalam perjuangan dan pengabdiannya kepada republik tercinta ini.

Baca juga:  SMA PASUNDAN 2 BANDUNG KUNJUNGI AAU

Peristiwa penuh semangat kepahlawanan tersebut adalah:

Pertama pada hari selasa tanggal 29 juli 1947 pukul 05.00 pagi, tiga jenis pesawat guntei dan curen yang dipiloti dan diawaki kadet udara i mulyono, ,kadet udara i sutardjo sigit, kadet udara i suharnoko harbani dan kaput, berhasil melakukan serangan udara terhadap tangsi-tangsi militer belanda di semarang, salatiga dan ambarawa. Serangan udara yang dilancarkan oleh para pejuang-pejuang angkatan udara tersebut merupakan operasi udara pertama sejak auri berdiri tahun 1946 ternyata berhasil dan sangat membanggakan seluruh bangsa indonesia untuk tetap menjaga keutuhan nkri.

Kedua pada petang hari itu juga, pesawat dakota vt-cla yang mengemban misi kemanusiaan membawa obat-obatan sumbangan palang merah malaya untuk palang merah indonesia menjadi sasaran penembakan dua pesawat pemburu p-40 kitty hawk belanda, ketika pesawat tersebut bersiap melakukan pendaratan di pangkalan udara maguwo atau lanud adi sutjipto sekarang. Akibatnya pesawat dakota vt-cla jatuh di desa ngoto bantul yogyakarta dan hal ini mengakibatkan gugurya tiga perintis angkatan udara republik indonesia, yaitu komodor muda udara a. Adi sutjipto, komodor muda udara prof. Dr. Abdulrachman saleh dan opsir muda udara adi soemarmo. Gugurnya para perintis auri pada tanggal 29 juli tersebut merupakan duka yang mendalam bagi angkatan udara khususnya dan bangsa indonesia pada umumnya.

Baca juga:  Upacara Bendera 17-An Di Lanud Adi Soemarmo

Nilai-nilai luhur dari sebuah pengabdian sekaligus pengorbanan dari kedua peristiwa tersebutlah, yang dapat kami petik dan maknai pada setiap kegiatan memperingati hari bhakti tni angkatan udara seperti yang kita laksanakan sekarang ini. Jelas dan lanud.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel