TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Lanud Y. Kapiyau Timika Peringati HUT Wara Ke 55

By 14 Aug 2018Berita
IMG_9123

TNI AU. Perjalanan Wara (Wanita TNI Angkatan Udara) memasuki usia ke 55 tahun, Peringatan HUT Wara yang jatuh pada tanggal 12 Agustus setiap tahunnya diperigati  secara sederhana di Gedung Wira Lanud Y. Kapiyau Timika, Selasa (14/8).

Peran serta kaum wanita dalam perjalanan Bangsa Indonesia tidak dapat dipungkiri, khusus dibidang pertahanan dan Bela Negara, pengorbanan kaum wanita telah terukur dengan tinta emas dalam sejarah pembentukan Negara, terbukti dengan begitu banyak nama wanita yang telah menyandang gelar pahlawan dan tentunya telah menjadi pondasi yang kuat dan inspirasi bagi pengabdian wanita Indonesia sampai sekarang ini.

Dalam Sambutan Kasau yang dibacakan oleh komandan Lanud Y. Kapiyau (YKU) Letkol Pnb Meito Datau menyampaikan bahwa sejarah pembentukan Wara tidak terlepas dari peran wanita Indonesia sejak era kolonialisme, dimana keberadan kaum wanita di masa itu memiliki peran yang cukup besar, dalam turut serta berjuang mengusir penjajah dari bumi Indonesia. Kiprah kaum perempuan tersebut juga ditunjukkan pada masa pasca kemerdekaan dimana para wanita ikut berjuang di beberapa pangkalan AURI dengan bertugas dalam bidang kesehatan, administrasi, penerangan, pelipat payung serta dapur umum. Para pejuang wanita inilah yang menjadi cikal bakal Wanita Angkatan Udara.

Lebih lanjut Kasau menyampaikan bahwa Korps Wara pun boleh berbangga hati, karena karena sampai saat ini tercatat sudah ada 13 Wara yang mampu mencapai jenjang kepangkatan sampai dengan Perwira Tinggi. Oleh karena itu, selaku pimpinan TNI Angkatan Udara saya menyampaikan terima kasih dan rasa bangga atas seluruh dedikasi dan komitmen serta prestasi kinerja yang telah ditunjukkan oleh segenap prajurit Wara dimanapun berada. Berbagai Kiprah yang telah diwujudkan tersebut telah sesuai dan cukup relevan dengan tema Peringatan ke-55 HUT Wara tahun 2018 ini, yakni: “Dilandasi Jiwa Ksatria, Militan, Loyalitas, Profesiona dan Modern, Wara Siap Mendukung Tugas TNI Angkatan Udara”.

Danlanud Y Kapiyau Letkol Pnb Meito Datau menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kepada segenap Wara, dilanjutkan dengan pemotongan Tumpeng oleh Danlanud Y Kapiyau  diserahkan kepada Sertu Vicki Rahma Kartika.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Lanud Y. Kapiyau Timika Peringati HUT Wara Ke 55