Berita

Lanud Yohanis Kapiyau dan Pemda Kabupaten Mimika Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Dibaca: 7 Oleh 01 Jun 2019Juni 11th, 2019Tidak ada komentar
IMG-20190601-WA0091
#TNIAU 

TNI AU. Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika menggelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila tepatnya di lobi kantor Pemda Mimika (1/6) Pukul 08.45 WIT. Upacara peringgatan diikuti oleh Komandan Satuan TNI Polri Para Asisten dan Staf Ahli Kantor Bupati, Pimpinan SKPD, Satu Peleton Lanud, Lanal, Polres, Koramil dan Satpol PP serta ASN.

Selanjutnya, dalam amanat Plt.Kepala Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP) RI, Hariyono yang dibacakan oleh Inspektur Upacara, menjelaskan bahwa Pancasila mampu menyatukan kita semua sebagai satu bangsa dan hidup dalam negara kesatuan Republik Indonesia.

Secara antropologis dan sosiologis keberagaman ras, etnis, agama, kepercayaan dan budaya yang ada di Indonesia sudah ada sejak masa prasejarah hingga sekarang. Indonesia hidup dan bahagia dalam keberagaman Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia, walaupun kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna dalam merealisasikan nilai-nilai Pancasila. Kita akui bahwa eksistensi keindonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai negara masih dapat bertahan hingga kini dan ini semua berkat Pancasila. Nilai-nilai Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Selanjutnya,

Baca juga:  Upacara HUT TNI ke -69 Th. 2014 di Makodim II Sriwijaya

Presiden Jokowi berpesan bahwa dengan memperingati dan merayakan hari kelahiran Pancasila setiap tanggal 1 Juni merupakan suatu keniscayaan. Pertama kita berusaha mengenang dan merefleksikan momentum sejarah di mana pendiri bangsa berhasil menggali nilai-nilai fundamental bangsa Indonesia sebagai dasar negara sehingga bangsa nusantara dapat bersatu dan menyatu sebagai satu bangsa yang besar.
Bung Karno pernah sebut “Jas Merah” untuk menghormati jasa pendiri bangsa sekaligus menunjukkan komitmen terhadap ideologi negara. Itulah alasan memperingati hari kelahiran Pancasila sebagai salah satu kebanggaan nasional.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel