Berita BalakpusVideo

Dan Lanud Yohanis Kapiyau Timika Mengikuti Peringatan Detik-Detik Proklamasi di Kabupaten Mimika

Oleh 17 Agu 2019 Agustus 19th, 2019 Tidak ada komentar
Dan Lanud Yohanis Kapiyau Timika Mengikuti Peringatan Detik-Detik Proklamasi Di Kabupaten Mimika
#TNIAU 

TNI AU.  Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-74 tahun 2019, Komandan Pangkalan TNI AU Yohanis Kapiyau Timika, Letkol Pnb Sugeng Sugiharto S.Sos  bersama unsur pimpinan FKPD kabupaten Mimika mengikuti upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di lapangan Sentra kabupaten Mimika Timika, Sabtu (17/8/2019). Upacara peringatan HUT RI ke 74 berjalan dengan lancar dan khidmat  diikuti oleh Komandan Lanud Yohanis Kapiyau, Letkol Pnb Sugeng Sugiharto, S.Sos  bersama pejabat TNI/Polri, Eksekutif, Legislatif, Yudikatif, tokoh masyarakat, tokoh Adat dan tokoh Agama, para pelajar serta dihadiri dan disaksikan oleh  masyarakat kabupaten Mimika yang memenuhi areal pinggir lapangan upacara.

Bertindak selaku Inspektur Upacara Bupati Kabupaten Mimika, Papua, Eltinus Omaleng, SE.MM dan komandan upacara pengibaran bendera Kapten Kav. Arkom Fajri Romadhon, S.Sos. Teks Proklamasi Kemerdekaan dibacakan oleh Ketua DPRD Mimika Elminus Mom, SE, sementara pembacaan doa oleh Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Timika Utler Adrianus, SE.

Dan Lanud Yohanis Kapiyau Timika Mengikuti Peringatan Detik-Detik Proklamasi Di Kabupaten Mimika

Inspektur upacara menyerahkan bendera Merah Putih kepada pembawa baki Isa Maria Aisa Boven (SMAN 4 Mimika).Setelah itu, 35 orang Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Mimika beserta 45 pasukan TNI menuju tiang bendera. Sang Saka Merah Putih pun berhasil dibentangkan dan dikibarkan oleh Tim Pengibaran yakni Yohanes F. Imbiri (SMAN 1), Ismail Ugar (SMA Taruna) dan Fitra R Bahrir (SMA Taruna). Meski sempat diguyur hujan, Upacara pengibaran berlangsung khidmat dan berjalan lancar dipimpin Danki Paskibra, Letda (Kav), Rizky Azhar Nur.Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Mimika sukses mengibarkan bendera pusaka merah putih, dengan lancar tanpa hambatan mengantarkan sangsaka merah putih dari pengibaran bendera hingga bendera sampai di puncak tiang bendera.Suasana khidmat pun terus terasa hingga upacara detik-detik Proklamasi selesai dilaksanakan.

Dan Lanud Yohanis Kapiyau Timika Mengikuti Peringatan Detik-Detik Proklamasi Di Kabupaten Mimika

Memaknai momen peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ke–74 dengan tema SDM Unggul Indonesia Maju, Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, SE.MM meminta segenap generasi bangsa mengenang jasa para pahlawan dalam merebut kemerdekaan. Menurut Bupati, pahlawan adalah sosok penting dibalik kemerdekaan, karena telah mengorbankan jiwa dan raga serta segala yang dimilikinya demi memperjuangkan kemerdekaan yang saat ini dinikmati oleh generasi penerus. Pada momen tersebut, Pemerintah Daerah Mimika melalui Bupati Eltinus Omaleng menyerahkan 15 armada mobil Puseksmas Keliling (Pusling) kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika yang berasal dari DAK tahun 2018 untuk melayani kebutuhan masyarakat dan menyambut pelaksanaan PON di Kabupaten Mimika.

“Mari sukseskan PON 2020.Beberapa tempat ada yang tidak bisa dijangkau, maka dengan ambulans ini semoga bisa dijangkau, gunakan dan jaga dengan sebaik-baiknya.Ini semua untuk menyukseskan PON,” ujar Eltinus. Usai upacara digelar, dilakukan pembagian hadiah dilanjutkan dengan berbagai atraksi dari satuan Kostrad, Brigif 20 IJK/3 dan Polisi Cilik Polres Mimika serta atraksi bela diri dari Jalasenastri Lanal Timika, dan sejumlah atraksi dari berbagai elemen lainnya.

Selain atraksi, pada kesempatan tersebut juga diumumkan para pemenang lomba yang digelar oleh pemda Mimika dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-74 seperti lomba gerak jalan, lomba lari 10 km, design souvenir noken, koperasi berprestasi, lomba merangkai bunga berbahan sayur dan buah-buahan serta lomba karnaval. Hadir dalam upacara mendampingi Bupati Mimika, wakil Bupati Yohanis Bassang, Pj. Sekda Mimika, Marthen Paiding, Ketua DPRD Mimika, Elminus B Mom, Sekda Mimika Definitif, Ausilius You, MH, Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto, S.Ik, MH, Dandim 1710 Mimika Letkol Inf. Pio L. Nainggolan dan jajaran Forkopimda di Kabupaten Mimika.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel