Berita

Lanud Yohanis Kapiyau Timika Terima Tim Survei Dan Sosialisasi Dislambangjaau

Lanud Yohanis Kapiyau Timika Terima Tim Survei Dan Sosialisasi Dislambangjaau
#TNIAU 

TNI AU. Pangkalan TNI Angkatan Udara Yohanis Kapiyau Timika menerima kunjungan tim survey dan sosialisasi dari Dislambangjaau (Dinas Keselamatan Terbang dan Kerja Angkatan udara). Tim sosialisasi dipimpin oleh Letkol Tek Rahman Supriatno selaku Kalablambangja Subdisbinlambangja Dislambangjaau melaksanakan Survey Lambangja, pengecekan dan sosialisasi kepada seluruh anggota Lanud Yohanis Kapiyau di ruang rapat mako Lanud Yohanis Kapiyau, Jumat (12/7).

Dalam sambutannya, Komandan Lanud Yohanis Kapiyau Letkol Pnb Sugeng Sugiharto, S.Sos., mengucapan selamat datang dan terima kasih kepada tim dari Lambangja Mabesau yang telah berkenan hadir di Lanud Yohanis Kapiyau untuk menyampaikan ceramah sosialisasi tentang keselamatan terbang dan kerja kepada personel Lanud Yohanis Kapiyau.

Selanjutnya, Komandan Lanud Yohanis Kapiyau menyampaikan bahwa keselamatan kerja merupakan hal yang mutlak dan tidak bisa ditawar-tawar lagi dalam setiap aktivitas.

Dengan adanya ceramah Lambangja ini diharapkan agar dapat menambah wawasan personel Lanud Yohanis Kapiyau tentang Keselamatan Terbang dan Kerja yang muaranya mengarah kepada upaya mencegah terjadinya accident maupun incident seminimal mungkin, dengan berpedoman pada prosedur dan ketetapan yang telah ditentukan.

Oleh karena itu, saya minta kepada seluruh anggota agar selama kegiatan berlangsung dapat mengikuti dengan sunggung-sungguh dan memperhatikan dengan seksama serta mengaplikasikannya dalam setiap pelaksanaan tugas sehari hari.

Dalam Kesempatan itu Letkol Tek Rahman Supriatno selaku ketua tim dari Dislambangja Mabesau menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan yang diberikan Danlanud Lanud Yohanis Kapiyau kepada tim Dislambangjaau. Bahwa sebelumnya tim telah melakukan survey dilingkungan kerja Lanud Yohanis Kapiyau guna mengamati potensi resiko suatu kegiatan terbang dan kerja terhadap sarana prasarana yang ada. Accident terjadi akibat berbagai penyebab yang sering disebut dengan 5M (manusia, material, managemant, media, dan misi).

Dalam paparannya tim Dislambangja Mabesau menyampaikan bahwa Penyebab Accident bukan hanya faktor manusia atau material tetapi juga disebabkan faktor manajemen. Safety Management System merupkan salah satu metode yang digunakan dalam pendekatan proaktif untuk mencegah terjadinya accident. Penerapan Safety Management System dapat maksimal apabila di sertai dengan safety culture. Upaya untuk mengurangi tingkat kemungkinan dan dampak resiko yaitu dengan cara mematuhi Prosedur Kerja, Pelatihan, Penilaian Kompetensi serta Pengawasan.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel