Berita

Lanud ZAM : Rapat Koordinasi Penyusunan RKA-KL Belanja Pegawai Dan Barang Jajaran Koopsau II dan Koopsau III Ta. 2021

Lanud ZAM : Rapat Koordinasi Penyusunan RKA-KL Belanja Pegawai Dan Barang Jajaran Koopsau II dan Koopsau III Ta. 2021
#TNIAU 

TNI AU. Rapat Koordinasi penyusunan RKA-KL yang di hadiri Asren Koopsau II Kolonel Pnb. Atang Sudrajat, Kasubdis Sidukpers Disinfolahtaau Kolonel Lek. Hadi S, Staf Paban IV Letkol Adm Yohanes Prasetyo S, dan para anggota TNI AU yang mengikuti rapat, yang bertempat di Hotel Jayakarta Jl. Raya Senggigi Lombok NTB, Kamis (5/3/2020).

Asren Koopsau II Kolonel Pnb. Atang Sudrajat dalam menyampaikan Penyusunan tersebut membutuhkan kerja secara cermat dan penuh ketelitian dalam perencanaan anggaran guna memenuhi kegiatan sesuai dengan kebutuhan. Penyusunan ini juga bisa dijadikan acuan untuk merencanakan revisi DIPA pada belanja pegawai, belanja barang dan belanja modal tahun 2021 khususnya pada kewenangan KPA maupun Kanwil.

Sejak disusun nya rencana kerja dan anggaran kementerian negara atau lembaga (RKA-KL) tahun 2005 sesuai amanat undang-undang nomer 17 tahun 2003 tentang keuangan negara, penyempurnaan sistem penganggaran terus dilakukan, penyempurnaan ini tetap berlandaskan pada konsep penganggaran terpadu, penganggaran berbasis kinerja dan kerangka penganggaran jangka menengah. Penyempurnaan aplikasi RKA-KL ini dilakukan mengacu pada perubahan kebijakan dan perubahan teknis aplikasi.

Baca juga:  Tingkatkan Silaturahmi, Danlanud Halim Perdanakusuma Kunjungi Yayasan AL-Fatah

Diharapkan dengan perubahan ini informasi yang melekat pada RKAKL lebih mempunyai bobot dan dari sisi teknis aplikasi memudahkan para operator dalam menuangkan data-data RKAKL kedalam aplikasi. Harus kita sadari bahwa alokasi anggaran yang diterima TNI AU setiap tahun tidak diterima secara otomatis, tetapi melalui beberapa proses yang harus kita kerjakan. Mekanisme perencanaan pembangunan pertahanan negara (SPP Hanneg).

Kasubdis Sidukpers Disinfolahtaau Kolonel Lek. Hadi S sebagai berikut RKA-KL merupakan dokumen perencanaan dan penganggaran yang berisi program dan kegiatan suatu K/L dan sebagai penjabaran dari renja K/L yang bersangkutan dalam satu tahun anggaran serta anggaran yang diperlukan untuk melaksanakannya. Dalam rangka mewujudkan reformasi sistem perencanaan dan penganggaran perlu kiranya menetapkan tiga pendekatan penting.

Yaitu anggaran terpadu, anggaran berbasis kinerja dan kerangka pengeluaran jangka menengah. Penyusunan rencana kerja anggaran terpadu dilakukan dengan cara mengintegrasikan seluruh prosesi perencanaan dan penganggaran di Lingkungan TNI AU untuk menghasilkan dokumen RKA-KL dengan klasifikasi anggaran belanja menurut organisasi, fungsi, program, kegiatan, dan jenis belanja nya.

Baca juga:  Lanud Yohanis Kapiyau Timika Gelar Karya Bakti Di Makam Pejuang Irian Barat

Penyusunan RKA-KL Belanja barang dan pegawai merupakan kegiatan yang sudah diprogramkan pada setiap tahun anggaran. Kegiatan ini sangat penting dilaksanakan sebagai sarana untuk mengajukan rencana kebutuhan belanja pegawai dan barang jajaran Koopsau II dan Koopsau III yang nantinya dijadikan acuan dalam perencanaan dan kebutuhan anggaran serta menjadi bahan masukan penyusunan RKA-KL UO TNI AU T.A 2021.

Melalui forum rapat ini, berharap seluruh peserta dapat melaksanakan dengan sungguh-sungguh kegiatan ini, sehingga dapat dipertanggungjawabkan melalui pengisian aplikasi RKA-KL dan DIPA. Rapat koordinasi ini dapat menghasilkan penyusunan RKA-KL yang sesuai dengan kebutuhan prioritas masing-masing satker serta dapat meningkatkan kualitas penyusunan rencana kerja anggaran satker di lingkungan Koopsau II dan Koopsau III.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel