BeritaBerita KotamaKoopsau 2

Lanud Zam Terlibat Dalam Sispam Kota Dalam Rangka Pengamanan Pemilu 2019

simulasi3
#TNIAU #TNI-AU

TN AU.  Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat menggelar simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispam Kota) jelang pemilihan kepala daerah serentak tahun 2019 di lapangan ex Bandara selaparang, Rabu (10/4). Dalam simulasi ini hadir Kapolda NTB Irjen Pol. Achmat Juri, Danlanud ZAM Kolonel Nav Budi Handoyo, M.Tr(Han), Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani,  Danlanal Mataram Kolonel Laut Ludi Muhardjo, perwakilan Kajati, BNN, KPU dan Bawaslu

Peragaan dimulai dari patroli dalam skala besar yang melibatkan seluruh personel TNI-Polri dan satuan kerja operasional termasuk sistem pengamanan walpri (pengawalan pribadi) pasangan calon. Diasumsikan Lanud ZAM mendapat prioritas untuk mengamankan Bandara Internasional Lombok apabila terjadi gangguan – gangguan yang menggaggu keamanan dengan menyiagakan pasukan PHH dan personel POMAU.

Dalam peragaan simulasi itu,di skenariokan sekelombok massa melakukan unjuk rasa atas ketidak puasan hasil pemungutan suara dan menuntut KPU untuk melakukan Pemilu ulang, namun di pihak lain massa di pasngan salah satu calon menolak KPU untuk melakukan Pemilu ulang, akhirnya terjadi kericuhan anatara kedua belah pihak, Massa dari kedua belah piahk berhasil dibubarkan oleh satuan Kepolisian namun ada beberapa orang perusuh yang lari menuju beberapa objek vital untuk melakukan sabotase. Bandara  Internasional Lombok yang telah di jaga oleh personel Lanud ZAM berhasil menangkap para perusuh yang hendak melakukan sabotase.

Kapolda NTB Irjen Pol Achmat Juri mengatakan, simulasi ini melibatkan seluruh perangkat satua kerja operasional seperti Korem 162/Wira Bhakti, Lanud ZAM, Lanal Mataram, BNN, dan satuan lainnya untu melihat kesiapan serta profesionalisme personel dalam bertindak mengamankan pelaksaan pemilu, dalam kesempatan tersebut Kapolda juga mengajak seluruh masyarakat untuk ikut berpartisipsi menjaga keamanan dan ketertiban.

Leave a Reply