Berita

LATGABMA MALINDO-8AB/2013: IMPLEMENTASI SERANGAN TERORIS WILAYAH MALAYSIA-INDONESIA

Oleh 28 Mei 2013 No Comments
#TNIAU 

Latihan Gabungan Bersama Malaysia-Indonesia (Latgabma Malindo) Darat Samudra dan Angkasa (DARSASA)-8AB/2013, diselenggarakan sebagai implementasi strategi penenggulangan teror untuk menghadapi kemungkinan serangan teroris yang mengganggu stabilitas keamanan wilayah Malaysia-Indonesia.

Demikian dikatakan Waasops Panglima TNI Laksma TNI Widodo dalam sambutan pada pembukaan Latgabma Malindo DARSASA-8AB/2013 di Mako Brigif 2 Marinir Cilandak, Senin (27/5).

Dikatakan, Latgabma Malindo DARSASA-8AB/2013 bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan kedua Angkatan Bersenjata kedua negara melaksanakan kerjasama operasi penanggulangan teror, sekaligus menguji protap Malindo 16 dan 18 tentang penaggulangan teror dan bencana yang diakibatkan olehnya.

Tujuan latihan ini adalah melatih komando Combine Joint Task Force Counter Terrorism (CJTF-CT) yang dibentuk dalam rangka meningkatkan pengertian dan profesionalisme diantara kedua pasukan Angkatan Tentera Malaysia (ATM) dan TNI. Sedangkan sasarannya adalah bagaimana Komandan CJTF-CT Malindo dan staf mampu melaksanakan proses perencanaan latihan maupun operasi serta pengambilan keputusan melalui metode Biltus.

Waasops Panglima TNI mengingatkan, sebagai tuan rumah Latgabma Malindo DARSASA-8AB/2013, TNI harus menunjukan prajurit profesionalisme, terlatih dan disiplin tinggi serta memanfaatkan momentum ini sebagai pertukaran ilmu pengetahuan (Knowladge Exchange) dalam rangka menambah dan memperluas wawasan yang behubungan dengan peningkatan kemampuan, keterampilan dan peofesionalisme prajurit, ujarnya.

Latgabma Malindo DARSASA-8AB/2013 diikiti oleh kedua angkatan kedua negara yaitu ATM dan TNI, dari TNI melibatkan pasukan khusus dari Gultor Kopassus, Denjaka Marinir dan Denbravo Korpaskhas.

Komentar