Berita

LATIHAN “ANGKASA YUDHA” DI LANUD PEKANBARU

Dibaca: 5 Oleh 15 Okt 2010Tidak ada komentar
emb 314
#TNIAU 

atihan Angkasa Yudha 2010 merupakan Latihan Puncak TNI Angkatan Udara dibuka oleh Kasau, Marsekal TNI Imam Sufaat, S.IP, pada hari selasa (12/10) yang lalu di Mabesau, Cilangkap, Jakarta melalui Video Conference. Untuk seluruh jajaran TNI AU dan jajaran Kohanudnas yang terlibat. Pada pelaksanaan Latihan Angkasa Yudha tahun ini, Lanud Pekanbaru disimulasikan sebagai salah satu unsur dari kekuatan negara musuh dengan sandi ”Satlakops Liontin“, yang akan menghancurkan NKRI.

 

Pada pelaksanaannya, Lanud Pekanbaru melibatkan semua unsur yang terkait dalam jajarannya, seperti Disops, Dislog, Dispers, Skadron Udara 12, Yon 462 Paskhas, Unsur Heli, EC-120 Collibri, Unsur Intel maupun Komlek. Setelah menyelesaikan proses pertahapan dalam pengambilan keputusan untuk penyususnan Rencana Operasi (RO) yang akan digelar, melalui peralatan IT ( Information Technology), pada hari ini (15/10) pelaksanaan latihan Gladi Mako memasuki tahap uji dalam pengerahan unsur-unsur tempurnya yang menggunakan peralatan TI yang ada denagn system Tactical Air Manuvering Game (TAMG).

 

Dalam skenario latihan tersebut, Lanud Pekanbaru “Satlakops Liontin” merupakan salah satu Pangkalan Aju Negara musuh “Sonora” yang akan melaksanakan pengintaian dan serangan-serangan udara ke wilayah NKRI yang pada skenario latihan tahun ini dilaksanakan di daerah Kalimantan Timur. Dalam pelaksanaannya, Satlakops Liontin yang tergabung dalam “Pelaku Merah” bersama Mabesau, Kohanudnas, Kosekhanudnas I, Koopsau I dan Lanud Supadio akan melakukan invasi ke Negara Indonesia dan Negara Malaysia dalam upaya membangun kekuatan pertahanannya dan menguasai sumber daya alam yang melimpah di dua Negara tersebut. Sedangkan untuk mempertahankan NKRI dari invasi Negara Sonora tersebut “Pelaku Biru” melibatkan Mabesau, Kosekhanudnas II, Lanud Hnd, Lanud Tarakan, Lanud Balikpapan, Lanud Abd, dan Lanud Iwy. Sebelum melaksanakan invasi melalui serangan udara, Negara Sonora melakukan berbagai upaya dalam mencapai tujuannya tersebut, baik dari aspek politik, ekonomi, sosial dan budaya termasuk memanfaatkan kekurang harmonisan hubungan kedua Negara bertetangga tersebut. Selain itu Negara Sonora terus melakukan diplomasi-diplomasi dengan beberapa Negara lain untuk mencari dukungan dari Negara lain.

Baca juga:  Saya Indonesia, Saya Pancasila

 

Browser Anda mungkin tidak bisa menampilkan gambar ini. Latihan Gladi Mako yang direncanakan berakhir pada hari ini, Jumat (15/10) akan dilanjutkan dengan manuver lapangan yang akan mengerahkan seluruh alutsista TNI AU pada tanggal 25 s/d 30 Oktober yang akan datang. Pada maneuver lapangan tersebut akan dilaksanakan pertempuran udara di wilayah Tarakan, Sangata, Kalimantan Timur. Pada maneuver lapangan tersebut Lanud Pekanbaru akan mengerahkan satu flight pesawat tempur Hawk 100/200.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel