Berita

LATIHAN ANTI TEROR DEN BRAVO 90 DAN COUNTER TERORIST UNIT (CTU) PASKAU

Dibaca: 52 Oleh 28 Sep 2011Tidak ada komentar
P-51 Mustang, Perintis Tim Aerobatik TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Bandara Supadio Pontianak telah dikuasai oleh teroris. Beberapa teroris yang menyamar sebagai teknisi dan crew pesawat berhasil melaksanakan hijacking/pembajakan terhadap Fokker 27 yang melaksanakan penerbangan dari Malaysia dengan tujuan Jakarta. Di tengah perjalanan teroris memaksa pilot untuk merubah tujuan ke Bandara Supadio Pontianak. Setelah pesawat mendarat di Bandara Supadio, teroris membawa dua pilot menuju VIP room Bandara Supadio untuk dijadikan Sandera.

Untuk mengatasi aksi para teroris sekaligus menghancurkan jaringan teroris, pemerintah Indonesia dan Malaysia melaksanakan pertemuan dan membentuk satuan tugas khusus yang bertugas melaksanakan operasi pembebasan sandera. Yang terdiri dari Pasukan khusus Den Bravo 90 Paskhas TNI AU dan unit Counter Terorist Unit (CTU) Paskau dari satuan khusus TUDM. Selasa (27/9).

Berdasarkan skenario pembebasan sandera yang disusun dilaksanakan dengan dua cara yaitu dengan cara terjun free fall dan air leanded. Yang pertama infiltrasi free fall dilakukan oleh enam peterjun yang terdiri dari tiga personel Den Bravo 90 dan tiga peterjun dari Tim CTU Paskau. Dan untuk infiltrasi yang kedua dilaksanakan melalui air leanded yang dilakukan oleh sepuluh orang personel yang terdiri dari lima personel dari Den Bravo 90 Paskhas TNI AU dan lima personel dari Tim CTU Paskau TUDM. Kedua unit tersebut bertugas melaksanakan operasi pembebesan sandera.

Baca juga:  Safari Tarawih Pejabat Dan Aparat Provinsi DIY di Masjid Abdurrochim Lanud Adisutjipto

Dan dalam tempo yang relatif singkat kedua Pasukan khusus tersebut melaksanakan penyerbuan secara serentak dengan mengutamakan unsur pendadakan, kecepatan dan ketepatan. Dan setelah gedung berhasil dikuasai dan sandera berhasil dibebaskan. Rangkaian peristiwa diatas merupakan simulasi Latihan Anti Teroris yang dilaksanakan Den Bravo 90 TNI AU dan CTU Paskau TUDM, yang masih dalam satu rangkaian kegiatan Latma Elang Malindo XXIV/2011 di Lanud Supadio.

Hadir dalam kesempatan tersebut Pangkoopsau I Marsekal Muda TNI Sunaryo, Panglima Divisi Udara 2 TUDM Mayor General Sabri Bin Adam, Danlanud Supadio Kolonel Pnb Kustono, S.Sos, Paban III/Lat Sopsau Kolonel Pnb Emir Panji, Danskadron Udara 1 Letkol Pnb Deni Hasoloan Simanjutak, Danyon 465 Paskhas Mayor Psk Rana Nugraha serta pejabat dari TNI AU dan TUDM .

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel