Berita

Latihan Berganda ‘Merak Sakti” Tempuh Jarak Ratusan Kilo

Dibaca: 55 Oleh 22 Nov 2016Tidak ada komentar
2015 06 02 00002
#TNIAU 

Latihan berganda “Merak Sakti” siswa Semaba TNI AU Angkatan 41 usai dibuka oleh Komandan Lanud Adisutjipto Marsma TNI Ir. Novyan Samyoga M Jumat, (18/11) masih melaksanakan latihan dengan rute latihan berada di Hutan Jupiter, Kompleks Denhanud Paskhas, Lava Bantal Jogotirto, Bangkel dan akan berakhir di Mako Sekolah Wara Skadik 105 Kaliurang sampai dengan 24 November 2016

Latihan Berganda “Merak Sakti” rencananya dilaksanakan selama 7 hari. Pada hari pertama usai upacara pembukaan, para siswa Semaba TNI AU setelah mendapatkan PO langsung melaksanakan kegiatan sesuai jadwal kegiatan. Siswa Semaba TNI AU yang didampingi para pelatih dan pendukung latihan melaksanakan kegiatan IMPK (Ilmu Medan Peta dan Kompas) di daerah Tegalyoso, berbivak didaerah Jogotirto.

Selanjutnya, para siswa berturut-turut melaksanakan giat How To Find (HTF) di daerah Lava Bantal Jogotirto, Taktik Tempur Dasar dan Taktik Kesatuan Kecil dan malam harinya diakhiri dengan kegiatan caraka malam di daerah Petung. Keesokan harinya dilaksanakan Infiltration Course (IC) yang dilanjutkan dengan survival dan pionir di daerah Sinolewah dan Mayang Sekar. Selama melaksanakan berbagai kegiatan latihan di tempat terpisah, perpindahan pasukan dilaksanakan dengan giat long march. Sebelum kegiatan Latganda berakhir, tahapan yang harus dilaksanakan oleh para siswa adalah kegiatan Serangan Fajar dan Konsolidasi di Mako Wara Skadik 105 Kaliurang.

Baca juga:  Dansekkau Lantik Senat Pasis Sekkau Angkatan Ke-98

Komandan Skadik 105, selaku Komandan Latihan Letkol Sus Dra. Palupi Rahayu di sela-sela latihan mengatakan bahwa Latihan Prayudha Siswa Semaba Wara TNI AU A-41 tahun 2016 diikuti oleh 60 siswa dan 75 orang yang terdiri dari pembina dan pelatih serta 10 orang tenaga bantuan organik. Selama latihan, para siswa akan menempuh jarak sekitar 115 km, yang dimulai dari Mako Skadik 105 dan berakhir juga di Mako Skadik 105 Kaliurang. “ Sampai saat ini siswa Semaba TNI AU dapat melalui seluruh kegiatan dengan sehat, aman dan selamat. Selama latihan tidak ada kendala yang berarti walaupun turun hujan. Faktor Lambangja sangat kami perhatikan agar safety dalam latihan tetap terjaga dengan baik sehingga semua siswa dapat menyelesaikan latihan berganda dengan lancar,” pungkasnya.

Rencananya, pada hari Jumat (25/11) Latihan Berganda “Merak Sakti” akan ditutup oleh Komandan Lanud Adisutjipto Marsma TNI Ir. Novtan Samyoga, M.M di Lapangan Skadik 105 Kaliurang dan dihadiri para pejabat di jajaran Lanud Adisutjipto serta diikuti oleh seluruh siswa Semaba TNI AU, para pelatih dan pendukung latihan.

Baca juga:  Upacara HUT TNI AU Di Morotai

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel