Berita

LATIHAN BERSAMA 18 NEGARA PACIFIC AIR RALLY 2007 BERAKHIR

Dibaca: 5 Oleh 26 Mei 2010Tidak ada komentar
Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala
#TNIAU 

Pacifick Air Rally (PAR) 2007 yang berlangsung selama lima hari berakhir, Jum’at (24/8). Ditutup oleh Asisten Operasi Kasau Marsda TNI Edy Hardjoko didampingi Panglima US PACAF (Pacific Command Air Force) Major General Edward A Rice di Ardhya Loka Lanud Halim Perdanakusuma.

 

PAR merupakan program United State Air Force (USAF) bersama dengan negara-negara Asia Facifik dalam mendukung bantuan angkutan udara melalui penerjunan (Droping) barang maupun personel khususnya untuk membantu korban bencana alam yang lokasinya tidak dapat ditembus melalui jalan darat.

 

Tehnik droping yang digunakan dalam latihan ini adalah dengan cara CDS (Container Delivery System) yaitu dropping barang melalui udara yang beratnya antara 227 kg sampai 1.100 kg, dan Heavy Dropp yaitu droping barang melalui udara yang beratnya antara 1,2 ton sampai 19 ton.

 

FTX (Field Training Exercise) Droping barang dilaksanakan di Detasemen TNI AU Gorda Serang. Banten, melibatkan satu pesawat C-17 Globe Master dan dua C-130 Hercules dari USAF, satu C-130 TNI AU, satu C-130H Royal Malaysia Air Force serta satu AN-32 dari Bangladesh Air Force.

Baca juga:  Tiger Riders Club Adakan Kunjungnan di Markas Penjaga Langit

 

Selain FTX dilaksanakan pula CPX (Command Post Exercise) dengan materi dari tahapan Mission Analysis (analisa tugas), Developing Course of Action (pengembangan cara bertindak) dan Determining Course of Action (penentuan cara bertindak), yang diikuti oleh 18 negara yaitu Australia, Amerika, Philippina, PNG, Indonesia, Tonga, Singapura, Sri Langka, Vietnam, Malaysia, Madagaskar, Brunei, India, Nepal, Mongolia, Bangladesh, Cambodia dan Thailand.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel