Berita

LATIHAN BERSAMA SAR DI LANUD SUPADIO

Dibaca: 7 Oleh 18 Mei 2010Tidak ada komentar
P-51 Mustang, Perintis Tim Aerobatik TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Bertempat di Ruang Base Ops Lanud Supadio pukul 10.10 WIB, Rabu (11/11) Kepala Dinas Operasi (Kadisops) Letkol Pnb Ir. Bob Henry Panggabean mewakili DanLanud Supadio menutup dengan resmi Latihan Bersama Search and Rescue (SAR) antara personel Lanud Supadio, Basarnas Pontianak dan Persatuan Olah Raga Selam Seluruh Indonesia (POSSSI).

 

Dalam sambutan tertulisnya Danlanud mengatakan akhir-akhir ini bangsa Indonesia sering mengalami berbagai musibah bencana alam. Musibah yang dialami bangsa kita seakan-akan tidak pernah berhenti dan saling silih berganti antara daerah yang satu dengan yang lain.

 

Oleh sebab itu, lanjut Danlanud, penanganan dan penanggulangan bencana yang terjadi di negara kita tentunya membutuhkan penanganan yang cepat dan tepat sehingga korban jiwa dapat diminimalkan. “Untuk menjawab tantangan tersebut tentunya diperlukan personel-personel yang handal dan profesional dibidang Search and Rescue (SAR),” jelas Danlanud.

 

Menurutnya, sangat tepat sekali apabila kita melaksanakan latihan SAR bagi personel Lanud Supadio, Basarnas Pontianak dan POSSI Kalbar yang bertujuan guna meningkatkan kemampuan dalam penguasaan dasar-dasar kegiatan SAR sehingga apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan para personel telah mempunyai pengetahuan untuk memberikan pertolongan terhadap korban yang mengalami musibah.

Baca juga:  Puluhan Perwira TNI AU Ikuti Ujian Sertifikasi Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah

 

“Selain itu dengan adanya latihan ini maka kerjasama antara instansi yang terkait dalam hal penanggulangan bencana dapat dioptimalkan sehingga apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan maka koordinasi satuan samping akan lebih mudah dan cepat,” tambah Danlanud.

 

Kadisops yang juga selaku Komandan Latihan menjelaskan latihan yang berlangsung selama 3 hari ini melibatkan 47 peserta latihan, 6 orang sebagai Kelompok Komando, 12 orang pelatih dan 31 orang pendukung. “Adapun materi yang dilatihkan antara lain : Rappling Tower, Mountering Tower, Rappeling Helly, Fast Rope, Teknik Pencarian (Search), Teknik Evakuasi, Hoist, Pengetahuan Hellypad, Kesehatan Lapangan, Pengetahuan GPS, Pengetahuan Selam (Scuba Diver) dan pengoperasian Kapal Air (Sea Rider),” jelas Komandan Latihan.

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel