Berita

LATIHAN BERSAMA TNI AU – RSAF

Dibaca: 8 Oleh 22 Jun 2011Tidak ada komentar
LATIHAN BERSAMA TNI AU - RSAF
#TNIAU 

Sebagai bentuk kerjasama dan upaya untuk terus meningkatkan kemampuan operasi udara taktis, khususnya dalam pengamanan wilayah perbatasan Indonesia dan Singapura, TNI AU dan RSAF (Republic of Singapore Air Force) menggelar latihan udara bersama yang dikemas dengan sandi Manyar Indopura 7/2011 yang dipusatkan di Lanud Pekanbaru, Selasa (21/6).

Pada kesempatan tersebut Komandan Lanud Pekanbaru, Kolonel Pnb Bowo Budiarto,S.E menyampaikan bahwa latihan yang dilaksanakan kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena pada latihan kali ini lebih complicated (lengkap), artinya ada serangan, ledakan, dan juga ada proses evakuasi yang dilakukan dari udara. Untuk mendukung latihan tersebut maka lima helikopter dilibatkan, yakni dua helikopter jenis Apache dari RSAF, dua unit Colibri dan satu unit Super Puma dari TNI AU.

Lebih lanjut Danlanud mengatakan bahwa inti dari latihan yang dilakukan berdasarkan kerjasama antara Mabes TNI AU dengan Singapura adalah melaksanakan evakuasi udara di medan pertempuran, yaitu penyelamatan terhadap crew yang memerlukan pertolongan di lokasi lawan. Sementara untuk Apache mengcover area tersebut dari serangan musuh, dan korban langsung dievakuasi menggunakan pesawat Colibri TNI AU ketempat yang aman.

Baca juga:  Upacara Mingguan di Kosekhanudnas III

Pada pelaksanaan latihan tersebut, segenap personel Lanud Pekanbaru yang terkait di libatkan dalam latihan ini, sementara dari RSAF melibatkan beberapa pesawat helikopter beserta crew pesawat dan personel pendukungnya.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel