Berita

Latihan Cakra Wahana Paksa 2021 AAU secara Resmi Dibuka

Dibaca: 65 Oleh 06 Jul 2021Tidak ada komentar
2021 AAU Forced Chakra Training Officially Opened
#TNIAU 

2021 AAU Forced Chakra Training Officially Opened

TNI AU.  Latihan Cakra Wahana Paksa (CWP) secara resmi dibuka oleh Gubernur Akademi Angkatan Udara Marsda TNI Nanang Santoso, ditandai dengan penyematan tanda peserta latihan pada upacara pembukaan latihan di lapangan Dirgantara Ksatrian AAU, Yogyakarta, Senin (5/7/2021).

Latihan Cakra Wahana Paksa merupakan salah satu program pendidikan dan latihan utamanya bagi Karbol Tingkat IV AAU yang dilaksanakan sebagai bagian dari proses pembentukan matra udara, dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan dan wawasan bagi para Karbol tentang aplikasi operasi dukungan udara, diantaranya praktek navigasi udara, peraturan lalu-lintas udara, meteorologi, peran dan tugas awak pesawat, serta operasional pangkalan udara.

Latihan CWP kali ini direncanakan berlangsung mulai 5 Juli hingga pertengahan Agustus mendatang. Para Karbol AAU tingkat IV akan melaksanakan rangkaian latihan dengan bernavigasi ke berbagai daerah, diantaranya Lanud Iswahjudi, Madiun, melintasi wilayah udara kota Purbalingga, Jawa Tengah, dengan menggunakan pesawat CN 295 TNI Angkatan Udara. Latihan ini merupakan implementasi dari kurikulum pendidikan di AAU dalam rangka menyiapkan para Karbol menjadi calon Perwira TNI Angkatan Udara masa depan.

Baca juga:  Lanud Jayapura Adakan Sosialisasi Penerimaan Taruna Akademi Angkatan Udara

Gubernur AAU menegaskan, meski di tengah keterbatasan pandemi Covid-19, namun latihan Cakra Wahana Paksa kali ini agar dilaksanakan secara optimal. Untuk itu, kepada para pelatih dan seluruh peserta maupun pendukung latihan, agar memahami dan bertanggung jawab terhadap tugas masing-masing dengan tetap mengutamakan safety dalam setiap tahapan pelaksanaannya,” tegasnya.

Nanang Santoso mengharapkan kepada para Karbol khususnya, agar selalu menjaga sikap serta jati diri keperwiraan. Seorang perwira seyogyanya dapat menjadi motivator dan teladan yang baik melalui sikap, disiplin serta tingkah laku seorang calon Perwira TNI Angkatan Udara.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel