TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Latihan Cakra Wahana Paksa Taruna AAU di Lanud Sam Ratulangi

By 02 Nov 2018Berita
IMG-20181105-WA0004

TNI AU.   Latihan Cakra Wahana Paksa Taruna tingkat IV Akademi Angkatan Udara Tahun 2018 sukses di Laksanakan di Manado, Sulawesi Utara. Sebanyak 99 orang Taruna dan Taruni tiba di Lanud Sam Ratulangi pada Kamis, 1 November menggunakan 2 pesawat Hercules C 130 di sambut oleh para Pejabat Lanud serta anak-anak Pramuka Saka Dirgantara Manado.

Kegiatan Cakra Wahana Paksa Taruna tingkat IV ini merupakan salah satu program pendidikan dari Taruna AAU dalam rangka mengaplikasikan ilmu yang di peroleh selama kuliah tentang Navigasi Udara, sekaligus ikut memperkenalkan AAU ke seluruh Indonesia. Pelaksanakan kegiatan Cakra Wahana Paksa ini di mulai dari AAU Jogjakarta, kemudian menuju ke Balikpapan, Manado, Ambon, Makasar dan Lombok. Dipilihnya Lanud Sam Ratulangi Manado sebagai salah satu tujuan kegiatan Cakra Wahana Paksa ini karena Lanud Sam Ratulangi Manado, letaknya strategis dan merupakan salah satu Lanud yang berada di perbatasan dan letaknya paling utara Indonesia.

Pada pelaksanaan kegiatan Cakra Wahana Paksa ini para Taruna menampilkan Kirab Gita Dirgantara yang dilaksanakan di kawasan yang cukup ramai, area Boulevard on Business Manado. Kegiatan dimulai dari lapangan Godbless Park menuju lapangan basket kawasan Megamas Manado. Ikut mendampingi Kirab Gita Dirgantara  ini antara lain, kirab dari Kadet AAL yang pada saat yang sama berkunjung ke Manado, pasukan Paskibraka Sulut, Pasukan TNI Polri yang ada di Sulut, Tarian adat Kabasaran serta pasukan dari Saka Dirgantara Lanud Sam Ratulangi.

Sejumlah warga Manado yang melaksanakan aktifitas merasa terhibur dengan penampilan para Taruna AAU tersebut. Selain menampilkan keahllian dalam memainkan alat drumband, para Taruna AAU juga menghipnotis warga dengan seragam yang mereka gunakan saat kirab. Ada yang menampilkan pakaian pilot, pakaian Paskhas, pakaian menyerupai burung dan seragam militer lainnya. Penampilan yang menarik dari para Taruna AAU tersebut bertujuan untuk memikat generasi muda asal Sulut untuk tertarik dan ikut bergabung di AAU maupun organisasi TNI AU.

Pada puncak acara, para Taruna AAU melaksanakan display di hadapan para pejabat Forkopimda Sulut antara lain Gubernur Sulut yang diwakili bapak Asisten 1, Pangdam XIII Merdeka, Danlantamal VIII, Kapolda Sulut, Kabinda Sulut, Danrem 131 Santiago, Danlanud Sam Ratulangi serta pejabat teras lainnya. Diakhir acara dilaksanakan foto bersama para Taruna dan Pejabat Forkopimda Sulut.

.IMG-20181105-WA0003

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Latihan Cakra Wahana Paksa Taruna AAU di Lanud Sam Ratulangi