Berita

Latihan Crash Team di Lanud Abd

Dibaca: 9 Oleh 24 Apr 2015Tidak ada komentar
IndonesianAF 1
#TNIAU 

Pesawat Casa 212 milik Skadron Udara 4 Kamis (23/4) melaksanakan misi pengintaian di Jember kembali ke Lanud Abd mengalami kecelakaan, salah satu mesin sebelah kiri pesawat mati dan mengeluarkan percikan api serta menimbulkan kebakaran, sehingga pesawat yang dipiloti oleh Kapten Pnb Susilo dan Copilot Kapten Pnb Alam harus segera melaksanakan crash landing.   Karena kerasnya hentakan pesawat ketika roda menyentuh runway  sehingga menyebabkan, 4 orang patah tulang dan 2 orang lainnya selamat.           

        Melihat situasi yang terjadi, Tim Pemadam Kebakaran (PK) Lanud Abd Saleh segera dikerahkan setelah tower mendapat informasi terjadinya accident.  Satuan PK langsung menyiapkan 3 unit mobil pemadam kebakaran yang masing-masing ditempatkan di ujung landasan.   Dengan kesigapan personel crash team, accident segera dapat diantisipasi.   Para Crew segera dievakuasi oleh tim SAR setelah pesawat diamankan oleh unsur pengamanan dari Lanud. Para korban segera dilarikan ke rumah sakit Lanud Abd dengan 2 buah mobil ambulance untuk mendapatkan pertolongan medis. Berkat kesiapan pasukan operasi dan Crash Team Lanud Abd Saleh, accidenttersebut akhirnya dapat diatasi dengan cepat dan tepat. 

Baca juga:  Gereja Santo Mikael Lanud Adisutjipto Peringati Hari Anak Nasional

            Kejadian di atas merupakan skenario dari Latihan Crash Team dalam rangka Latihan Garuda Perkasa 2015.   Latihan Crash Team ini bertujuan untuk melatih dan meningkatkan ketrampilan personel Lanud Abd Saleh  tentang prosedur penanganan accident pesawat dan cara pengoperasian peralatan yang digunakan oleh kesatuan kerja crash team.   Latihan ini dilaksanakan secara rutin setiap tahun, hal ini dimaksudkan agar setiap personel tanggap dan senantiasa siap melakukan tugasnya dengan benar apabila sewaktu-waktu terjadiemergency pesawat di Lanud Abd Saleh. 

            Kepala Dinas Operasi Lanud Abd Saleh, Kolonel Pnb Fairlyanto, ST., yang menjabat sebagai Komandan Satuan Tugas Udara (Dansatgasud) dalam latihan ini memberikan instruksi langsung, agar penanganan accidentpesawat Casa, baik pesawat maupun crews ditangani sesuai prosedur yang benar sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak benar dan menimbulkan kerugian yang lebih besar.  Meski hanya bersifat latihan, namun prosedur penanganan harus tetap menjadi acuan utama dengan tujuan agar prosedur tetap dalam penanganan accidentbenar-benar dipahami dengan baik oleh setiap personel Crash Team.    

Baca juga:  Lanud Sjamsudin Noor Rayakan HUT TNI AU Ke-65

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel