Berita

LATIHAN CRASH TEAM DI LANUD RANAI

Dibaca: 13 Oleh 27 Des 2010Tidak ada komentar
M 458 NA B 25 Mitchell Indonesian Airforce 7168661149
#TNIAU 

Subsi Base Reescue, Dinas Operasi Lanud Ranai melaksanakan program latihan Penangggulangan bahaya kebakaran dan kecelakaan pesawat udara di lingkungan Pangkalan Udara Ranai, Kamis (23/12). Latihan Crash Team perlu diadakan dalam menjamin pelaksanaan kerja operasi penyelamatan secara maksimal dan terkoordinasi secara baik. Maksud dari pelatihan ini untuk membina keterampilan dan kemampuan personel Base Rescue dalam kesiapan tugas sesuai dengan profesi yang dimiliki, dengan tujuan meningkatkan koordinasi dengan seksi lain dalam menangani dan mengamankan keadaan gawat darurat.

Lanud Ranai dituntut selalu siap setiap saat, baik personel, peralatan maupun kendaraannya. Kesiapan pemberian pertolongan hanya dapat terlaksana dengan baik apabila personel maupun peralatan selalu terlatih dan terjaga. Demikian arahan Kadisops Lanud Ranai, Mayor Pom Adi Wijaya pada personel yang terlibat didalam latihan kesiapsiagaan Crash Team di Lanud Ranai. Latihan secara terpadu melibatkan seluruh personel yang terkait dengan kesiapsiagaan dalam latihan ini diasumsikan pada pukul 14.45 wib, sebuah pesawat F-50 milik perusahaan penerbangan ”CLEAN AIR” dengan Call Sing PK-XYY adalah route penerbangan Batam-Natuna dengan jumlah penumpang 40 dan awak pesawat 6 orang, pada saat akan mendarat tiba tiba mengalami gangguan pada salah satu mesin pesawat sehingga pilot mengambil keputusan untuk mendarat darurat dari Run Way 18. Pada saat mendarat pesawat tergelincir di ujung Runway 18 , menurut informasi dari petugas PLLU pada saat tergelincir diyakini ada percikan api sehigga Petugas ATC/PLLU melaporkan kejadian tersebut kepada Kepala Dinas Operasi dan Ruops Lanud Ranai.

Baca juga:  Pia Ardhya Garini Cab. 11/D. II Lanud Sjamsudin Noor kunjungi Yayasan Kanker Indonesia Cabang Kalimantan Selatan

Team Base Rescue dan Team Medis segera menuju lokasi kejadian kebakaran untuk memadamkan api diikuti tim penyelamat untuk mengevakuasi korban yang masih terjebak didalam pesawat menuju daerah yang aman. Unit Ambulan membawa korban ke rumah sakit sedangkan petugas lainnnya segera mengamankan lokasi kejadian.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel