Berita

Latihan Crash Team Tahun 2011 di Lanud Suryadarma

Dibaca: 15 Oleh 01 Jun 2011Tidak ada komentar
c130 hercules indonesian air force approaching
#TNIAU 

Bertempat di Lapangan Kompi “B” BS Paskhas, Kalijati, Selasa (31/5) Lanud Suryadarma menggelar latihan crash team tahun 2011 untuk menguji unsur-unsur pelaksana Lanud Suryadarma melakukan pertolongan ketika terjadi accident pesawat udara. Latihan crash team merupakan latihan rutin guna memelihara kemampuan dan kesigapan Prajurit Lanud Suryadarma menangani korban accident pesawat udara. 

Menurut Kepala Dinas Operasi Lanud Suryadarma Letkol Pnb Suliono S.Sos., dalam latihan crash team diskenariokan terdapat satu unit Pesawat Skadron Udara 7 yaitu Helikopter EC 120 dengan empat awaknya harus melakukan pendaratan darurat karena kerusakan mesin di lapangan Kompi “B” BS Paskhas. Oleh karena itu, pihak tower Lanud Suryadarma sebagai unsur yang memonitor setiap pergerakan pesawat mengetahui accident tersebut segera mengirim informasi ke crash team yaitu Pemadam Kebakaran, Kesehatan, Prajurit Paskhas, Seksi Keselamatan Terbang dan Kerja, Satuan Polisi Militer dan unsur lainnya. 

Tidak berapa lama tim dengan dipandu Mobil Komando Lanud Suryadarma menuju ke obyek terjadinya accident dan segera melakukan tindakan penyelamatan terhadap keempat awak pesawat. Dari identifikasi tim kesehatan diketahui 1 kru mengalami patah tulang, 1 kru tidak sadarkan diri dan 2 kru luka ringan. Selanjutnya tim kesehatan melakukan penanganan dengan membawanya ke Rumah Sakit. Di pihak lain tim Pemadam Kebakaran dibantu unsur lainnya melakukan upaya pemadaman api pada Pesawat Helikopter EC 120 Colibri. 

Baca juga:  Kenaikan Pangkat Lanud Wir

Tampak hadir menyaksikan kegiatan latihan crash team tersebut Komandan Lanud Suryadarma Kol Pnb H. Dumex Dharma, S.AP., M.Si. (Han), Kepala Dinas Personel Lanud Suryadarma Mayor Pnb Sapuan S.Sos., Komandan Kompi “B” BS Paskhas Kapten Psk Heru Widodo serta pejabat lainnya. Komandan menyatakan rasa syukurnya karena latihan berjalan lancar dan tiap unsur benar-benar dapat melaksanakan tugasnya masing-masing serta bekerja sama dengan baik. 

Pada hari yang sama (Selasa pagi, 31/5) satu peleton prajurit atau sekitar 30 personel Prajurit TNI AU Kalijati gabungan dari prajurit yang berasal dari Lanud Suryadarma, Wingdiktekkal, Skadron Udara 7dan Kompi “B” BS Paskhas dipimpinan Letda Lek Abdul Azis berangkat ke Indramayu melaksanakan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) tingkat Provinsi Jawa Barat selama sekitar tiga minggu. Dalam TMMD, prajurit melaksanakan bakti sosial membantu masyarakat desa untuk membangun dan rehabilitasi bangunan umum desa.

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel