Berita

LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN SISWA SMP AS-SHOFA DI LANUD PEKANBARU

Dibaca: 36 Oleh 13 Jul 2011Tidak ada komentar
indonesianf16pesawat0170 tniau
#TNIAU 

Guna menumbuhkan sifat kepemimpinan dan meningkatkan kedisiplinan serta sikap yang lebih baik sejak dini, seluruh siswa baru di Sekolah Menengah Pertama (SMP) As-Shofa Pekanbaru mengikuti kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) yang diselenggarakan di Lanud Pekanbaru selama dua hari, Rabu (13/7).

Kegiatan LDSK tersebut merupakan salah satu program kerja SMP As- Shofa yang dilaksanakan setiap tahunnya dan telah berlangsung sejak tahun 2007 yang lalu, untuk tahun ini sebanyak 170 siswa mengikuti kegiatan yang dilaksanakan dari pukul 06.30 WIB hingga pukul 17.15 WIB. Sedangkan untuk pelaksana latihan tersebut melibatkan beberapa personel Lanud Pekanbaru yang terkait dengan materi yang diberikan. Dalam pelaksanaannya seluruh siswa peserta latihan mendapatkan pengenalan mengenai teori kepemimpinan dasar, teori Bela Negara, psikologi lapangan, pengenalan PBB baik secara teori maupun praktek lapangan serta seluruh siswa diberikan wawasan yang berkaitan dengan bidang kedirgantaraan dengan melakukan kunjungan ke Simulator pesawat Hawk 100/200 dan kunjungan ke Skadron Teknik 045 Lanud Pekanbaru.

Baca juga:  GEDUNG DEKRANASDA KALBAR DIRESMIKAN

SMP As-Shofa merupakan salah satu sekolah menengah pertama favorit yang ada di kota Pekanbaru, dengan mayoritas siswa berasal dari keluarga golongan ekonomi menengah keatas, “Siswa-siswi SMP As-Shofa mayoritas dari keluarga dengan golongan ekonomi menengah keatas, sehingga mereka perlu diberikan pengenalan tentang kedisiplinan, pola sikap yang baik serta keberanian, sebelum mereka mulai mengikuti proses belajar mengajar di sekolah”, demikian disampaikan Bapak Basthomi, yang kesehariannya menjabat sebagai Wakil Kepala Sekolah SMP As-Shofa pada saat pelaksanaan latihan berlangsung.

Program SMP As-Shofa yang telah berlangsung selama Lima tahun tersebut merupakan rangkaian kegiatan orientasi yang diprogramkan oleh sekolah bagi seluruh siswa baru, dengan harapan dapat meningkatkan kedisiplinan siswa dan membentuk jati diri siswa agar lebih baik, memiliki jiwa kepemimpinan serta menambah wawasan siswa/siswi sehingga pada saat mengikuti proses belajar di sekolah dapat terlaksana dengan baik dan menghasilkan siswa-siswi yang berkualitas. Sedangkan bagi Lanud Pekanbaru kegiatan ini merupakan salah satu pelaksanaan program kerja dalam bidang Pembinaan Potensi Dirgantara (Binpotdirga). Tentunya program yang dilaksanakan tersebut disesuaikan dengan usia peserta yang rata-rata berumur 12 tahun, sehingga pelaksanaannyapun dikemas dalam suasana yang ceria, bersahabat dan mendidik.

Baca juga:  Peringatan HUT PIA ke-63 di Lanud Sugiri Sukani Tahun 2019

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel