TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Latihan Dukungan Kesehatan Lapangan Di Skadik 504 Wingdikum

By 28 Apr 2015 09:59Berita
Mustangsatriamandala

Skadik 504 Wingdikum mendapat kehormatan menjadi tempat Latihan Dukungan Kesehatan Lapangan pada Korban Pertempuran dan Pengungsian Medik Udara dibuka secara resmi oleh Kadiskesau Marsma TNI dr. Asrunsyah Nasution, Sp.P.D., Sp.K.P. Senin (27/4). Latihan ini merupakan kegiatan terpadu dan terintergrasi dari unsur kesehatan yang melibatkan personel Dinas Kesehatan TNI Angkatan Udara, RSAU dr. Esnawan Antariksa Lanud Halim Perdana Kusuma, RSAU dr. M. Salamun, Lakespra dr. Saryanto, Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdana Kusuma, Skadik 504 Wingdikum, Wing I Paskhas dan Satpom Lanud Halim Perdana Kusuma.

Diketahui, jelas Kadiskesau, sebagian wilayah Indonesia masih sering terjadi kontak senjata dengan pihak yang berseberangan dengan pemerintahan Republik Indonesia yang menimbulkan korban baik masyarakat maupun TNI. “Sehingga, salah satu fungsi kesehatan TNI melaksanakan dukungan kesehatan yang ditujukan untuk menyelamatkan korban dari kecacatan dan kematian,” jelasnya. Lanjut dikatakan bahwa penanganan korban dapat terdukung secara optimal apabila kegiatan dukungan kesehatan yang mencakup pertolongan darurat, evakuasi korban, pemilahan korban, penanganan korban di daerah penanggulangan medik serta pelaksanaan evakuasi korban menuju rumah sakit rujukan terlaksana dengan baik.

Selain itu, dikatakan bahwa pelatihan ini bertujan untuk meningkatkan profesionalisme prajurit TNI Angkatan Udara dalam memantapkan tugas dan perannya guna mendukung kesiapan operasional TNI Angkatan Udara. Secara umum, lanjutnya, latihan ini untuk menguji coba piranti lunak dan aturan-aturan yang menjadi rujukan dengan sasaran meningkatkan keterampilan serta kemampuan perorangan, kerja sama antar satuan maupun instansi kesehatan di jajaran TNI Angkatan Udara. “Karena pentingnya latihan ini dalam rangka meningkatkan professional tenaga medis, maka laksanakan pelatihan ini dengan sungguh-sungguh, fokus dan pernuh konsentrasi agar dapat dijadikan bekal dalam penugasan kedepan,” ujarnya..

Usai upacara pembukaan, Danwingdikum Kolonel Pnb Danang Setyabudi, S.E., didampingi Danskadik 504 Wingdikum Letkol Kes Wargono, S.Kep mengatakan bahwa Wingdikum akan siap sedia mendukung pelaksanaan latihan dukungan kesehatan lapangan pada korban pertempuran dan pengungsian medik udara yang rencananya akan dilaksanakan selama tiga hari kedepan hingga 29 April nanti. “Sangat bernilai positif bagi pengetahuan dan keterampilan para siswa (Diklatjur PNS dan Sejursarta Kes – Red), karena secara tidak langsung mereka akan terlibat didalamnya,” ujarnya.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Latihan Dukungan Kesehatan Lapangan Di Skadik 504 Wingdikum