TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Latihan Elang Malindo , Guna Ciptakan Kawasan Yang Relatif Aman

By 19 Sep 2017Berita
20017-09-17-Adi-Sosialisasi

TNI AU.  Kembali tahun ini, Lanud Adisutjipto, mendapat kehormatan sebagai tuan rumah gelaran Latihan Militer bersama antara Tentara Udara Diraja Malaysia (TUDM) bersama TNI Angkatan Udara yang dikemas dalam program Elang Malindo 2017. Direncanakan Latihan bersama tersebut akan berlangsung selama 5 hari mulai tanggal 18 hingga 22 September 2017.

Rombongan dari TNI AU dipimpin oleh Pangkoopsau II Marsekal Muda TNI Yadi Indrayadi S, sedangkan rombongan TUDM dipimpin oleh Panglima Operasi Udara TUDM Letjen Dato Sri Hj Abdul Mutalib bin Hj Ab Wahab.

Pangkoopsau II Marsekal Muda TNI Yadi Indrayadi S dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melaksanakan Joint Operation dalam menghadapi serangan dari Negara lain yg dalam hal ini diumpamakan dengan agressor yg mengancam kedaulatan NKRI dan Malaysia. Sehingga latihan bersama ini mempunyai nilai yang sangat strategis bagi TNI AU dan TUDM sebagai sarana dalam menjalin kerja sama dan meningkatkan kualitas personel serta memantapkan koordinasi dalam pelaksanaan operasi udara antara kedua Angkatan Udara.

Lebih lanjut Pangkoopsau II menambahkan, kita telah melaksanakan latihan bersama beberapa kali, oleh karena itu berbekal pengalaman tersebut, pada latihan Elang Malindo ini semoga didapatkan hasil yang lebih optimal. Peningkatan kemampuan personel dan mantapnya hubungan persahabatan, serta kerjasama yang selama ini telah terjalin, akan menjadi lebih memperkokoh, saling pengertian dan rasa saling percaya antara TNI AU dan TUDM.

Komandan Lanud Adisutjipto Marsekal Pertama Ir Novyan Samyoga, MM disela-sela kegiatan menyampaikan bahwa sebagai Negara tetangga, tidak akan terlepas dengan kepentingan yang selalu berhubungan satu dengan lainnya, khususnya dalam menciptakan rasa aman dan tentram. Sehingga kepentingan bersama dan saling mengisi demi terciptanya keamanan di kawasan kedua Negara pada khususnya. dan kawasan beberapa Negara pada umumnya sangatlah dibutuhkan.

Menurutnya, latihan ini selain diisi dengan berbagai paparan dan diskusi mengenai operasi penerbangan militer dari kedua Negara, juga diisi dengan kunjungan ke spot-spot penyelenggara pendidikan Sekbang.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Latihan Elang Malindo , Guna Ciptakan Kawasan Yang Relatif Aman