TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Latihan “Force Down” di Lanud Jayapura

WhatsApp_Image_2018-05-03_at_15.10.45

WhatsApp_Image_2018-05-03_at_15.10.47TNI AU. Latihan “Force Down” atau penurunan pesawat asing yang melanggar kedaulatan wilayah udara NKRI di Lanud Jayapura, Kamis (3/5).

Diskenariokan berdasarkan informasi dari Kosekhanudnas IV dilaporkan bahwa telah terjadi pelanggaran wilayah udara yang dilakukan oleh pesawat tidak dikenal dan tidak melakukan kontak dengan ATC. Atas informasi tersebut, disimulasikan pesawat tempur diperintahkan untuk segera mengudara dan mengidentifikasi pesawat asing tersebut.

Setelah target ditemukan, pesawat asing tersebut dipaksa mendarat di Lanud Jayapura. Setelah mendarat, pesawat serta crew diamankan oleh Personel Lanud Jayapura yang terdiri dari personel Pomau, Intelijen, Hukum dan Paskhas, untuk selanjutnya dilakukan investigasi dan interogasi untuk memperoleh keterangan.

Komandan Lanud Jayapura, Kolonel Pnb M. Yani Amirullah menyampaikan bahwa latihan penanganan “force down” ini betujuan untuk menguji Prosedur Operasional Tetap (Protap) yang dimiliki tentang penanganan “force down”, serta menguji kesiapsiagaan seluruh unsur di Lanud Jayapura dalam menangani “force down”.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Latihan “Force Down” di Lanud Jayapura