Berita

Latihan Hanlan di Lanud D. Dumatubun

Dibaca: 126 Oleh 03 Sep 2018Tidak ada komentar
Latihan Hanlan di Lanud D. Dumatubun
#TNIAU 

TNI AU. Pangkalan TNI Angkatan Udara D. Dumatubun, Langgur menggelar latihan pertahanan pangkalan (hanlan) selama dua hari, Jumat-Sabtu (31-1/09). Kegiatan yang melibatkan semua kesatuan di Lanud D. Dumatubun kegiatan ini berlangsung di Lanud D. Dumatubun, Langgur.

Komandan Lanud D. Dumatubun Letkol Pnb Sonny Irawan, S.E., M.M. yang membuka kegiatan itu, mengatakan, selain sebagai kegiatan tahunan, simulasi ini sekaligus meningkatkan keterampilan anggota dan penyegaran kembali, tugas pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing satuan, terutama jika ada hal-hal yang mengancam keamanan pangkalan. Apalagi banyak aset TNI AU yang harus diamankan di Lanud D. Dumatubun.

Latihan ini bertujuan meningkatkan profesionalisme dan kesiapan personel Lanud D. Dumatubun dalam menghadapi AGHT baik dari dalam maupun dari luar NKRI. Walaupun sangat banyak keterbatasan tetapi personel Lanud D. Dumatubun dapat melaksanakan latihan ini dengan sangat baik. Ternyata dengan keterbatasan, kreatifitas akan semakin berkembang. Danlanud menjelaskan dalam simulasi ini melibatkan alat utama sistem persenjataan (alutsista) perorangan. Baik senjata laras panjang SS1 dan SS2. Sedangkan secara umum, untuk keamanan masih terkendali dan belum ada ancaman besar. Namun militer tetap harus siap, sehingga kemampuan dan keterampilan harus ditingkatkan. “Karena itulah maka kemampuan harus di-refresh dan dilatih,” ujarnya.

Baca juga:  DANWINGDIKTEKKAL: SIAPKAN DIRI DENGAN GIAT BELAJAR

Kepala Dinas Operasi Lanud D. Dumatubun Mayor Tek Sigit menambahkan dalam latihan Hanlan ini akan dilaksanakan beberapa materi yaitu pengecekan pasukan, perlengkapan, teori dan praktik, teori taktik regu, pleton dan kompi serta drill pertempuran regu dan pleton.

“Untuk pelaksanaan latihan di wilayah Lanud D. Dumatubun, selain patroli menuju dan pengintaian sasaran juga ada perebutan pangkalan,” katanya.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel