Berita

LATIHAN HANLAN LANUD PEKANBARU

Dibaca: 1 Oleh 19 Mei 2010Tidak ada komentar
IndonesianAF 1
#TNIAU 

Lanud Pekanbaru melaksanakan latihan Pertahanan Pangkalan (Hanlan), buka oleh Komandan Lanud Pekanbaru Kolonel Pnb Nanang Santoso dengan sandi “Hanlan-09”. bertempat di Appron Base Ops Lanud Pekanbaru, Kamis (17/12)

 

Latihan digelar selama sehari dengan lokasi di kawasan Lanud Pekanbaru, bertindak sebagai Pimpinan Umum Latihan adalah Kolonel Pnb Nanang Santoso, Wakil Pimpinan Umum Latihan Letkol Pnb Tedi Rizalihadi serta Komandan Latihan Mayor Psk John L, dengan melibatkan 119 personel yang terdiri dari Personel Lanud Pekanbaru dan Batalyon 462 Paskhas.

 

Dalam skenario, adanya sekelompok masyarakat dengan berbagai dalih secara terus menerus memberikan tekanan kepada Pemerintah Daerah dengan maksud memisahkan diri untuk mendirikan Negara Riau Merdeka. dengan meningkatnya arus lalu lintas perdagangan dunia Selat Malaka, disamping membawa dampak yang positif tentunya juga membawa dampak negative terhadap perkembangan situasi pertahanan dan keamanan termasuk yang ada di wilayah Kepulauan Riau. Negara “X” sebagai Negara yang memberikan bantuan kepada kelompok separatis dengan tujuan ingin mneguasai jalur perdagangan Internasional di sekitar Selat Malaka merupakan ancaman yang sewaktu-waktu dapat mengancam wilayah Kedaulatan Negara Republik Indonesia.(NKRI), terbukti sekelompok masyarakat menyelundupkan senjata kewilayah Riau untuk mendukung gerakan separatis dengan tujuan untuk menguasai Lanud Pekanbaru sebagai Pangkalan Operasi.

Baca juga:  Serah Terima Jabatan Kadisrendalhar Depohar 50

 

Latihan ini bertujuan untuk melatih kemampuan personel dalam mempertahankan dan mengamankan khusus Lanud Pekanbaru dari gangguan serta ancaman luar dan menguji prosedur penerapan taktis dan teknik serta sistem operasi dalam bertindak agar terwujud satu kesatuan bertindak dalam melaksanakan pertahanan pangkalan.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel