Berita

Latihan Hanlan Segarkan Kemampuan Dasar Personel Lanud Sdm

Dibaca: 13 Oleh 10 Mei 2017Tidak ada komentar
Sukhoi Su-27
#TNIAU 

“Tak ada keringat yang tidak ada harganya, setetespun keringat yang mengalir dari tubuh, itu sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan kita”, ujar Mayor PNB Krisnayogi (Kasi Operasi dan Latihan Dinas Operasi) Lanud Suryadarma, tatkala memberi pengarahan kepada seluruh personel yang akan melaksanakan latihan Pertahanan Pangkalan (Hanlan) pada semester pertama tahun 2017. Setelah apel pagi tepat pukul 07.30 WIB latihan Hanlan dimulai dengan materi Senam Senjata, Perkelahian Sangkur, Patroli Pertahanan Pangkalan dan Menembak.

Skenario latihan kali ini bertujuan untuk mengamankan Obyek Vital yang Bernilai Strategis Lanud Suryadarma COG (Centre of Grafity), seperti Mako Lanud, Hanggar Skadron Udara 7, dll. Seluruh anggota Lanud Suryadarma yang merupakan personel Pertahanan Pangkalan dibagi menjadi 2 Kompi. Setelah latihan Senam Senjata dan Perkelahian Sangkur Kompi pertama berangkat menuju Lapangan Tembak dengan rute yang berbeda dengan Kompi kedua.

Selanjutnya Kompi kedua melaksanakan patroli pengamanan pangkalan bergerak dari Lapangan Dirgantara, Pos Penjagaan POM utama, keluar pagar menyisir batas Lanud dari Gang Mangga masuk dari Pos Penjagaan POM Fasint melintasi Jalan Kalijati Lama menuju Pos Penjagaan POM sebelum Kipan C Yon 461 Paskhas, belok ke kiri melintasi kebun singkong/tebu dan Landasan pesawat menuju Lapangan Tembak.

Baca juga:  Dankorpaskhas Latihan Menembak

Latihan menembak untuk kategori Senapan Laras panjang terlaksana sebanyak 9 gelombang, tiap-tiap gelombang sebanyak 12 peserta. Antusisme Ibu dan Bapak PNS Lanud Suryadarma terlihat jelals dalam latihan ini seperti ucapan “Pantas PNS mendapat baret dengan materi latihan seperti ini” kata PNS Meydiawati ketika melaksanakan patroli menuju Lapangan Tembak disela terik matahari bersinar.

Pada saat bersamaan juga dilaksanakan kegiatan bersepeda untuk pejabat-pejabat Lanud Suryadarma. Dipimpin langsung Danlanud Suryadarma Marsma TNI Suparmono mulai bergerak pukul 07.15 dari rumah kediaman menyisiri rute Gang Mangga masuk dari Fasint, depan Rumah Sakit, Kipan C Paskhas, Cirateun, Tanggulun dan berakhir di Lapangan Dirgantara Lanud Suryadarma.

Latihan rutin tiap semester ini bertujuan untuk menyegarkan kembali kemampuan dasar prajurit agar selalu siap siaga dalam tugas dan tanggung jawab sebagai penegak kedaulatan negara di udara. Hingga pukul 11.30 latihan berjalan lancar, seluruh personel dan materil dalam keadaan aman dan terkendali.

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel