Berita

LATIHAN KEMAMPUAN SKADRON UDARA 2

Dibaca: 30 Oleh 11 Jul 2011Tidak ada komentar
M 458 NA B 25 Mitchell Indonesian Airforce 7168661149
#TNIAU 

Skadron Udara 2 yang berada dibawah Wing I Lanud Halim Perdanakusuma melaksanakan latihan kemampuan untuk meningkatkan profisiensi pesawat CN-235, pada Senin (11/07), di run-way Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta; dengan menggunakan pesawat CN-235 yang diawaki oleh Mayor Pnb Alvian, SE dengan co-pilot-nya Lettu Pnb Fathir.

Seperti yang dijelaskan oleh Mayor Pnb Rony Widodo selaku Kepala Kelompok Instruktur penerbang Skadron Udara 2 kepada Penerangan Halim P; latihan kemampuan ini mutlak diperlukan bagi seorang Penerbang.

Agar mampu menguasai dan mengontrol stuasi dan kondisi pengalihan dari darat ke udara demikian pula sebaliknya dari udara ke darat. “Dalam keadaan apapun, walau ada perubahan arah angin maupun perubahan cuaca”, ujarnya.

Selain itu, take-off and landing dengan menggunakan instrumen adalah proses pendaratan yang menuntut ekstra kehati-hatian dari seorang Penerbang. Sebab, proses pendaratan ini menggunakan bantuan instrumen disaat cuaca tidak bagus, atau disaat run-way tidak kasat mata.

“Instrumen itu adalah station ADF (Automatic Direction Finder) dan VOR (Very High Omnirange) yang memancarkan gelombang elektromagnetik, dan signal diterima oleh pesawat”,jelasnya kepada Penerangan Halim P.

Baca juga:  Bersih-Bersih Pantai Sebagai Wujud kepedulian Lanud Hang Nadim Dan PIA Ardhya Garini Cabang 21/D I Lanud Hang Nadim

Lebih lanjut dikatakan, ada berbagai teknik pendaratan, disinilah kesempatan untuk melatih sebelum menghadapi kenyataan di lapangan.

Apalagi, dengan tingkat kesiapan sekarang ini, Skadron Udara 2 senantiasa siap untuk melaksanakan penerjunan barang/logistik, maupun pasukan, ataupun menghadapi tuntutan take-off maupun landing diberbagai landasan di Tanah Air yang terkenal dengan kontur wilayah yang berpegunungan maupun berbukit-bukit.

Sedangkan menurut Komandan Skadron Udara 2 Letkol Pnb Muh. Mujib, SE, MM; disela-sela pengambilan gambar oleh kru TV; menyadari peran dan tanggungjawab Skadron Udara 2 yang tidak sedikit seperti dropping personel maupun barang/logistik pada saat terjadi bencana. Sehingga, diperlukan latihan yang tiada henti dan tetap berkesinambungan, untuk menyukseskan tugas operasional yang diembannya.

Skadron Udara 2 yang saat ini berfungsi sebagai skadron angkut sedang, merupakan satuan yang berada dibawah komando Wing I Lanud Halim Perdanakusuma. Pada beberapa waktu yang lalu telah membantu ikut serta melaksanakan bantuan terpadu pemadaman bencana kebakaran Kilang Pertamina di Cirebon, dan telah banyak pula membantu penanggulangan bencana alam di seluruh wilayah Tanah Air.

Baca juga:  Pesawat Tempur Sukhoi 27/30 MK Escort Pesawat VVIP dan Forcedown Pesawat Asing

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel