Berita

Latihan Kesiapsiagaan Crash Team di Lanud Sulaiman

Dibaca: 5 Oleh 29 Nov 2010Tidak ada komentar
P-51 Mustang, Perintis Tim Aerobatik TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Penangggulangan bahaya kebakaran dan kecelakaan pesawat udara di lingkungan Pangkalan Udara Sulaiman merupakan pelayanan Subsi Base Reescue, Seksi Base Ops Dinas Operasi yang dituntut selalu siap setiap saat, baik personel maupun kendaraan dan juga peralatannya. Kesiapan pemberian pertolongan hanya dapat terlaksana dengan baik apabila perangkat lunak maupun perangkat keras yang dimiliki selalu terjaga. Demikian arahan Kadisops Lanud Sulaiman, Letkol Lek I Wayan Mahendra Data, S.T pada personel yang terlibat didalam latihan kesiapsiagaan Crash Team di Lanud Sulaiman.(Jumat, 26/11)

Latihan secara terpadu yang melibatkan seluruh inti fungsional serta seksi terkait dengan kesiapsiagaan Crash Team perlu diadakan dalam menjamin pelaksanaan kerja operasi penyelamatan secara maksimal dan terkoordinasi secara baik. Maksud dari pelatihan ini untuk membina keterampilan dan kemampuan personel Base Rescue dalam kesiapan tugas sesuai dengan profesi yang dimiliki, dengan tujuan meningkatkan koordinasi dengan seksi lain dalam menangani dan mengamankan keadaan gawat darurat apabila ini terjadi.

Pada latihan ini diasumsikan dalam penerbangan pesawat Trike Federasi Aero Sport dengan call sign PK-XXX dalam route penerbangan Sulaiman-Lido dengan jumlah awak pesawat 2 orang, mengalami kebakaran pada mesin pesawat setelah take off dari Lanud Sulaiman. Team Rescue segera menuju lokasi kejadian kebakaran untuk memadamkan api diikuti tim penyelamat untuk mengevakuasi korban yang masih terjebak didalam pesawat menuju daerah yang aman. Unit Ambulan membawa korban ke rumah sakit sedangkan petugas lainnnya seperti POM, PAM, Kamhanlan segera mengamankan lokasi kejadian.

Baca juga:  Wara Iwj, Berbagi Kebahagiaan

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel