Berita

Latihan Kesiapsiagaan Kohanudnas Tahun 2016

Dibaca: 21 Oleh 05 Sep 2016Tidak ada komentar
indonesianf16pesawat0170 tniau
#TNIAU 

Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas) menggelar Latihan Kesiapsiagaan Kohanudnas TA. 2016 bertempat di Aula Leo Watimena Makohanudnas Halim Perdanakusuma, Jakarta Senin (5/9). Acara pembukaan Latihan Kesiapsiagaan Kohanudnas ini dihadiri oleh Dankodiklat TNI Mayjen TNI Sumardi, Panglima Kohanudnas Marsda TNI Abdul Muis, Kas Kohanudnas Marsma TNI Supriharsanto, Pangkosekhanudnas I Kolonel Pnb Julexi Tambayong, para Pejabat Kodiklat TNI dan Kohanudnas serta seluruh staf pelaku dari Kohanudnas beserta jajaran.

Dalam latihan ini Kodiklat TNI bertindak sebagai penyelenggara latihan yang berlangsung selama 5 hari kedepan, kegiatan ini telah diprogramkan oleh staf operasi Mabes TNI yaitu penyelenggaraan Latihan Kesiapsiagaan Kohanudnas Tahun Anggaran 2016 dalam rangka mewujudkan siaga operasional satuan menghadapi kontinjensi terpilih. Latihan ini merupakan latihan penggunaan kekuatan dengan tujuan menguji kesiapsiagaan sesuai rencana operasi yang disiapkan oleh Kotama Operasi dalam menghadapi ancaman terhadap penerbangan VVIP dan ancaman wahana udara saat VVIP berada didarat dengan mengambil tema “Kohanudnas melaksanakan Operasi Pertahanan Udara guna mencegah, menangkal dan menanggulangi setiap bentuk gangguan dan ancaman udara terhadap keamanan dan keselamatan VVIP di wilayah yuridiksi nasional dalam rangka Operasi Militer Selain Perang (OMSP)“.

Baca juga:  Penandatanganan Berita Acara Hasil Verifikasi Aset PT Angkasa Pura Ii Eks Bandara Polonia

Sedangkan Dankodiklat TNI Mayjen TNI Sumardi dalam sambutannya mengatakan,” sesuai amanat Undang – Undang No. 34 Tahun 2004 tentang TNI bahwa TNI memiliki tugas pokok menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah negara kesatuan Republik Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara diantaranya mengamankan dan menyelamatkan Kepala Negara dari ancaman selama penerbangan VVIP dan ancaman wahana udara saat VVIP berada di darat. Seperti kita ketahui bersama bahwa keamanan dan keselamatan VVIP dalam hal ini Presiden merupakan kewajiban TNI untuk melaksanakannya”, tegasnya.

Sementara Panglima Kohanudnas mengatakan, Latihan Kesiapsiagaan Kohanudnas 2016 bertujuan demi terwujudnya kemampuan dan kesiapsiagaan satuan pelaksana beserta unsur-unsur pertahanan udara yang berada di jajaran Kohanudnas dalam mengamankan penerbangan VVIP di wilayah udara Kosekhanudnas I, II,III dan IV dalam rangka menghadapi kontinjensi di wilayah kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia”, katanya.

Latihan Kesiapsiagaan Kohanudnas TA. 2016 ini melibatkan satu flight pesawat tempur buru sergap F-16, pesawa tempurT-50 i , Pesawat B-737 dan Foker-28 serta pesawat C-130, Kohanudnas (Popunas dan Komlek), Kosekhanudnas I, Satrad 211/TKT,Satrad 214 TGL, Satrad 215 CGT, Kosekhanudnas II, Satrad 221/NLI, Satrad 222/PLO, KRI berkemampuan Hanud , Arhanudse 8 serta Lanud Halim P.K Jakarta, Lanud Iswahyudi Madiun dan Lanud Abdurahman Saleh Malang.

Baca juga:  AKRS DI TMP KUSUMA DHARMA PEKANBARU

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel