Berita

Latihan Kesiapsiagaan Koopsau II Tanggulangi Bencana Digelar di Abd

Dibaca: 16 Oleh 02 Sep 2016Tidak ada komentar
Latihan Kesiapsiagaan Koopsau II Tanggulangi Bencana Digelar di Abd
#TNIAU 

Latihan kesiapsiagaan Koopsau2 dalam penanggulangan bencana tahun 2016, digelar 2 hari (Kamis Jumat, 1-2/9) pertama kali dilaksanakan di Lanud Abd. Saleh. Gelar pasukan dilaksanakan di Taxi Way Skadron 32 Lanud Abd hari ini di saksikan Wadirlat (Wakil Direktur latihan Marsma TNI T. Sembiring dan team dari Mabes TNI. Selain itu gelar ini juga disaksikan oleh seluruh kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BNPB). Baik Malang, Pasuruan, Probolinggo dan Lumajang.

Pada hari pertama ini dilaksanakan gelar Pasukan yang diikuti oleh 1 SSK Crew, 1 SSK Tehnik, !SSK Hanlan, 1 SSK Lanal, 1 SSK Kodim, 1 SSK Polres, 1 SST BNPB, 1 SST Sar. Dan mengelar seluruh alutsista termasuk pesawat C 130 Hercules, C 212 Cassa, dan Super Puma ambulan Radar Gematronik, dan kendaraan Follow Me. Selanjutnya latihan dilanjutkan dengan melaksanakan TAMG (Tactical Aircraft Manual Game) di Gedung Bina Yudha.

Latihan ini bertujuan untuk melatih kesiap-siagaan koopsau II dalam menghadapi dan mengantisipasi dampak dari bencana alam terutama erupsi gununng Bromo yang mungkin akan terjadi. Sehingga latihan penanggulangan bencana ini sangatlah penting bagi kita. Karena tanpa latihan kita akan menghadapi situasi yang sulit dalam menghadapi kejadian apabila benar-benar terjadi. Papar Danlanud marsma TNI H. RM DjokoSenoputro, SE.MM dalam sambutannya. Sedangkan kehadiran kepala BNPB daerah rawan terdampat dimaksudkan untuk membangun sinergitas serta mengkonsolidasikan satuan pelaksana penanggulangan bencana alam di daerah maupun oleh TNI. Sehingga diharapkan satuan pelaksana penanggulangan bencana dapat bekerja efektif dan profesial imbuhnya.

Baca juga:  TES NARKOBA DI SEKOLAH ANGKASA YASARINI PENGURUS CAB. LANUD SULAIMAN

 

Menurut rencana latihan hari kedua akan dilaksanakan mulai pagi sejak dikeluarkan PO.(perintah operasi). Dari situasi tanggap segera menjadi tanggap darurat pentahapan dilaksanakan sesuai rencana. Photo udara dan dijatuhkannya Heli box dari pesawat Cassa akan menjadi scenario latihan pada pukul 08.00. saat situasi menjadi tanggap darurat akhirnya SAR mulai bekerja. Perbantuan TNI dan sipil akhirnya bahu-membahu dalam penanggulangan bencana. Cargo Dropping Sistym (CDS) akan dilaksanakan setelah kegitan SAR. Akhirnya dari kegiatan CDS latihan dianggap selesai dan dilanjutkan Kaji ulang. Di gedung Bina Yudha lanud Abd saleh.

 

Menurut rencana Cssa akan menjatuhkan Heli Box dengan ketinggan 3500 dan CDs dengan ketinggian 4500. “kita berharap semua latihan dapat berjalan dengan baik dan dapat dipahami oleh pelaku latihan dan semua yang hadir dalam latihan. Setidak-tidaknya kita memberikan gambaran tentang penangganan penanggulangan bencana erupsi gunung bromo terterdampak di wilayah kita.” Tegas Danlanud.

 

Latihan ini akan melibatkan tidak kurang 1500 orang dan beberapa alutsista. termasuk satuan samping dan melibatkan masyrakat sekitarnya.

Baca juga:  Kobarkan Semangat Swa Bhuwana Paksa untuk Membangun Indonesia Maju dan TNI Angkatan Udara Unggul

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel