Berita

Latihan Kesiapsiagaan Kosekhanudnas II Makassar

Dibaca: 6 Oleh 14 Sep 2016Tidak ada komentar
2015 06 02 00002
#TNIAU 

Kosekhanudnas II menggelar Latihan Kesiapsiagaan tahun 2016 bertempat di ruang Posek Kosekhanudnas II. Latihan tersebut di gelar sejak tanggal 5 September 2016 dan berakhir hari ini 9 September 2016. Acara pembukaan Latihan Kesiapsiagaan Kohanudnas ini yang berlangsung selama satu pekan ini, dibuka oleh Pangkohanudnas pada tanggal 5 Agustus 2016. Selain unsur tempur sergap sebagai kekuatan utama juga melibatkan berapa Satuan Radar di jajaran Kosekhanudnas I dan Kosekhanudnas II Makassar. Dalam latihan ini juga dilibatkan satu unit BBJ-001 (Air Force One) dari Skadron 45 Lanud Halim Perdankusuma Jakarta. Unsur lain yang turut di libatkan dalam laitihan ini yakni pesewat tempur T-50 Golden Egle sebagai bulsi Tempur sergap, Pesawat EMB-314 bulsi low speed dan C-130 hercules.

Dalam Latihan Kesiapsiagaan di Kosekhanudnas II ini dihadiri oleh para Asisten Kosekhanudnas II, Asisten Operasi Kolonel Pnb Bambang Juniar Djatmiko, S.Sos, Asisten Komunikasi dan Elektronika Kolonel Lek Wachid Alchamdani, Asisten Logistik Kolonel Tek Suprijantono, Asisten Personalia Kolonel Pnb Taufiq Arasj, S.Sos, dan Asisten Intelijen Kolonel Sus Marta Gunawan, dan seluruh staf pelaku dari Kosekhanudnas II.

Baca juga:  Apel Khusus Tahun Baru 2020 di Lanud Haluoleo

Dalam Latihan ini Kodiklat TNI bertindak sebagai penyelenggara latihan sedangkan untuk pelaku dari Kosekhanudnas I Jakarta dan Kosekhanudnas II Makassar, dan untuk tema Latihan Kesiapsiagaan Kohanudnas, adalah “Kohanudnas melaksanakan operasi pertahanan udara guna mencegah, menangkal dan menanggulangi setiap bentuk gangguan dan ancaman udara terhadap keamanan dan keselamatan VVIP di wilayah yuridiksi nasional dalam rangka Operasi Militer Selain Perang (OMSP)”.

Kosekhanudnas I Jakarta dan Kosekhanudnas II Makasar yang terlibat dalam latihan ini juga melibatkan unsur Radar untuk pengamatan udara. Dengan menggunakan ruang udara di atas Pulau Jawa mulai dari wilayah Jakarta hingga Jawa Timur menjadi area latihan “Kesiap Siagaan”. Dalam skenario latihan di simulasikan adanya gangguan dari teroris yang memiliki kemampuan bajak udara yang mengganggu penerbangan rombongan Presiden RI. Dari hasil pengamatan udara tertangkap radar adanya sasaran gelap yang mengancam keselamatan rombongan dan perlu diambil penindakan yang cepat dan tepat. Dalam hitungan menit F-16 dari Skadron udara 3 Lanud Iswahyudi langsung mengejar sasaran sekaligus menghancurkan.

Baca juga:  Kasau Lantik Dua Pejabat Kadis di Lingkungan Mabesau

Latihan “Kesiapsiagaan” yang dilaksanakan oleh Kohanudnas juga melibatkan Kosekhanudnas II dimaksudkan untuk meningkatkan tugas pokok yang menjadi tanggung jawab Kosekhanudnas II. Tugas pokok Kosekhanudnas II yakni menyelenggarakan dan mengendalikan Operasi Pertahanan Udara di wilayahnya, sesuai pembagian tanggung jawab geografis wilayah pertahanan udara nasional untuk mendukung tugas pokok Kohanudnas. melalui latihan ini juga di tujukan agar terwujudnya suatu kedaulatan Negara di udara di wilayah geografis pertahanan udara Kosekhanudnas II, dari segala bentuk ancaman udara terhadap keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Selain itu melalui latihan ini dapat terciptanya suatu sistim pertahanan udara yang mapan dan tidak dapat ditembus oleh pihak manapun yang memiliki niat ataupun tujuan untuk mengganggu persatuan dan kesatuan Negara Republik Indonesia.

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel