Berita

Latihan Kesiapsiagaan Kotamaops TNI di Gelar di Koopsau I

Dibaca: 13 Oleh 25 Jul 2017Tidak ada komentar
TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Latihan Kesiapsiagaan Kotamaops TNI 2017 yang di laksanakan di Koopsau I sebagai Kotamaops TNI AU dibuka. (24/07).

Dengan dihadiri oleh Komandan Kodiklat TNI, Mayjen TNI Agung Risdhianto bersama dengan Pejabat dilingkungan Kodiklat TNI, Kepala Staf Koopsau I Marsma TNI Henry Alfiandri yang mewakili Panglima Koopsau I, Marsda TNI Imran Baidirus Latihan Kesiapsiagaan Kotamaops TNI dimulai dengan melibatkan unsur-unsur Skadron Udara yang berada dibawah jajaran Koopsau I.

Dalam amanat tertulisnya Pangkoopsau I menyampaikan bahwa penyelenggaraan latihan Kesiapsiagaan Operasional Kotamaops TNI ini adalah merupakan rangkaian kegiatan latihan yang diarahkan untuk mengetahui Tingkat Kesiapsiagaan Operasional Kotamaops TNI dalam menghadapi kontijensi terpilih berdasarkan perkembangan situasi terakhir, yang mekanisme kegiatannya sesuai dengan standar penyelenggaraan latihan. Seperti kita ketahui bersama pula isu global dinilai semakin mengarah kepada menguatnya penerapan nilai-nilai demokrasi secara universal, bahaya teroris dan ancaman kejahatan lintas negara. Disisi lain, perbedaan kepentingan nasional di tengah perkembangan situasi global berpengaruh kepada gejolak ekonomi, politik dan budaya yang berimplikasi terhadap faktor stabilitas keamanan dikawasan maupun nasional.

Baca juga:  Prajurit Harus Dapat Memahami Misi dan Fungsinya

Tambahnya melalui penyelenggaraan Latihan Kesiapsiagaan Operasional Kotamaops TNI ini diharapkan dapat menyamakan pola tindak dalam latihan tersebut dan dalam proses penanganan permasalahan kontijensi yang ada. Untuk itu guna mencapai tujuan tersebut, tentunya tidaklah mudah, namun memerlukan pemikiran dan analisa yang tajam untuk menyusun suatu rencana tindakan untuk menghadapi kontijensi dalam bentuk rencana strategis yang diperkirakan akan terjadi.

Ditempat yang sama, Asisten Operasi Koopsau I Kolonel Pnb Samsul Rizal juga menyampaikan bahwa Latihan Kesiapsiagaan Kotamaops TNI ini sangatlah penting dalam rangka menguji Rencana Operasi (RO) yang telah dibuat dan terlampir dalam rencana tindakan Kontinjensi Kotamaops TNI, dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana rencana operasi yang telah dituangkan dalam rentinkon tersebut dapat dilaksanakan.

Latihan dimulai dengan Gladi Posko dan akan dilanjutkan dengan Latihan Lapangan yang mengambil tempat di Lanud Supadio-Pontianak.

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel