Berita

LATIHAN KESLAP & PMU MAHASISWA POLTEKKES DI SATHAR 15 DEPOHAR 10

Dibaca: 228 Oleh 06 Des 2012Tidak ada komentar
9b842766a265b99c2bf19666b186f743
#TNIAU 

Sebanyak 102 mahasiswa Politeknik Kesehatan (Poltekkes) TNI Angkatan Udara Ciumbuleuit melaksanakan Latihan Dukungan Kesehatan Lapangan (Keslap) dan Pengungsian Medis Udara (PMU) bertempat di Satuan Pemeliharaan 15 (Sathar 15),Depo Pemeliharaan 10 (Depohar 10), Lanud Husein Sastranegara, Bandung, Rabu (5/12).

Latihan yang menggelar skenario telah terjadi crash pesawat di ujung runway Lanud Husein ini bersandi ”PMU Parasimpatis” dipimpin oleh Letkol Kes Erna Idarahyuni, S.Kep., Ners., sebagai Dansatgaskes.

Setelah berkoordinasi, perintah diluncurkan kepada koordinator lapangan yang tergabung dalam crash team untuk membentuk tim PMU menjadi tiga yaitu Tim PMU I bekerja di TKP dan RSAU dr. M. Salamun, Tim PMU II bekerja di pesawat (In Flight), dan Tim PMU III bekerja di Rumah Sakit Rujukan.

Di TKP setelah dilakukan analisis situasi kecelakaan ditentukan collecting area sebagai tempat pengumpulan korban. Setelah dilakukan triage dan pertolongan pertama, korban segera dibawa ke RSAU dr. Salamun untuk mendapat tindakan dan perawatan selanjutnya, sementara beberapa korban harus dievakuasi ke Jakarta karena memerlukan tindakan medis lebih jauh.

Baca juga:  Jelang HUT Ke-75 TNI AU, Lanud Dhomber Berbagi Kebahagiaan Kunjungi Panti Jompo dan  Panti Asuhan

Tahapan-tahapan yang dijalani oleh para mahasiswa ini harus sesuai dengan prosedur yang ditetapkan, misalnya bagaimana mereka memberikan skala prioritas mana korban yang harus segera mendapat perawatan dan secepatnya dibawa ke rumah sakit terdekat, perlakuan terhadap korban yang mendapat cidera dibadannya, serta penanganan korban ketika akan dievakuasi menggunakan pesawat.

”Tahapan-tahapan ini tentunya harus dipraktekkan sehingga calon perawat mendapat gambaran bagaimana penanganan terhadap korban accident yang akan diungsikan menggunakan pesawat,” jelas Kepala Program Studi Keperawatan Poltekkes, Eli Rusmita, M.Kep.

Para mahasiswa yang sedang duduk di semester V ini sebelumnya telah mendapatkan materi kuliah tentang Kesehatan Penerbangan (Kesbang), ”Aplikasi dari materi Kesbang adalah dengan diselenggarakannya praktek lapangan yang dilaksanakan mahasiswa dengan skenario latihan yang telah dirancang sedemikian rupa, sehingga keseluruhan materi dapat dipraktekkan”, demikian Kolonel Kes (Purn) Dr. TS Zuleika, M.Kes, AIFO., selaku Ketua Koordinator PMU menambahkan.

Lebih lanjut dijelaskan oleh Kolonel Kes Rochmulyati, bahwa salah satu keunggulan dari Poltekkes TNI AU adalah adanya materi kuliah tentang Kesbang, sehingga dapat menjadi nilai plus bagi para calon perawat masa depan ini.

Baca juga:  Danlanud Ngurah Rai Menyambut Kedatangan Kasad Di Bali

Latihan didukung sekitar seratus personel dari RSAU dr. Salamun, Sathar 15, Diskesau dan Lakespra bertujuan untuk meningkatkan skill para mahasiswa yang diharapkan mampu menyusun perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan dukungan kesehatan lapangan dan pengungsian medis udara, serta memiliki keterampilan dan meningkatkan kemampuan perorangan, kelompok, dan kerjasama antar kelompok.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel