Berita

Latihan Kilat Cakra B-17 di Lanud Tarakan

Dibaca: 29 Oleh 08 Mar 2017Tidak ada komentar
P-51 Mustang, Perintis Tim Aerobatik TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Tiga pesawat Sukhoi SU 30 dari Skadron Udara 11 Lanud Hasanuddin Makassar terbang menggelegar di atas langit kota Tarakan tanda di mulainya Operasi Kilat Cakra Bravo 17 yang digelar oleh Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional II yang bermarkas di Makassar.

Latihan yang berlangsung dari tanggal 6 hingga 10 Maret ini bertujuan untuk menguji tingkat kesiagaan operasional satuan untuk menghadapi situasi maupun tugas yang diberikan di seluruh jajaran Kosekhanudnas II Makassar dalam rangka menjaga kedaulatan di wilayah udara nasional, demikian menurut Direktur Latihan Marsekal Pertama TNI A. Joko Takarianto yang sehari-harinya juga menjabat sebagai Pangkosekhanudnas II Makassar. Selain itu ada beberapa tujuan yang berkaitan dengan laihan kilat cakra ini antara lain tujuan edukatif yang didalamnya terdapat unsur penyegaran terhadap personel Kosekhanudnas II dan jajarannya tentang sistem dan mekanisme operasi Pertahanan Udara, meningkatkan kemampuan personel dalam proses penyelenggaraan operasi Pertahanan Udara serta meningkatkan kemampuan Komando Pengendalian dengan memantapkan sistem komunikasi dalam sistem K4-I.

Baca juga:  Lanud Sjamsudin Noor Laksanakan Latihan Menembak di AWR Maluka Baulin

Pada kesempatan yang sama Danlanud Tarakan Kolonel Pnb Umar Fathurrohman menambahkan kedatangan pesawat tempur Sukhoi khususnya di Tarakan juga memberikan rasa kebanggaan tersendiri bagi warga Tarakan karena hal tersebut membuktikan bahwa TNI AU sebagai pengawal dirgantara ada diseluruh pelosok NKRI termasuk diantaranya Tarakan yang secara posisi terletak tidak jauh dari perbatasan negara Indonesia dan Malaysia. Untuk itu pada jam tertentu warga Tarakan dipersilahkan untuk datang melihat alutsista TNI AU sekaligus menumbuhkembangkan jiwa patriotik dan cinta dirgantara, demikian ujar Danlanud Tarakan.

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel