Berita

LATIHAN KILAT, CAKRA, TAMENG PETIR DAN FORCE DOWN DI LANUD BALIKPAPAN

Dibaca: 22 Oleh 13 Jun 2011Tidak ada komentar
LATIHAN KILAT, CAKRA, TAMENG PETIR DAN FORCE DOWN DI LANUD BALIKPAPAN
#TNIAU 

Dalam rangkaian Manuver Lapangan (Manlap) Latihan Angkatan Udara (Lathanud) Kilat, Lathanud Cakra dan Opshanud Tameng Petir 2011 di Lanud Balikpapan diadakan latihan Kilat, Cakra, dan juga Tameng Petir. Kegiatan itu berdasarkan Surat Telegram Pangkohanudnas No: ST/63/2011 tanggal 24 Mei 2011 tentang Manlap Lathanud Kilat, Cakra dan Opshanud Tameng Petir pada 4 Juni 2011 sampai 12 Juni 2011 di wilayah Kosekhanudnas II.

Latihan ini sendiri juga dimaksudkan dalam rangka menegakkan kedaulatan NKRI yang juga dicombine dengan operasi ambalat. Dalam latihan ini juga akan diuji unsur komunikasi, unsur radar, unsur tempur sergap dan unsur Posek Hanudnas II/mks.

Selain itu, dalam rangka meningkatkan kesiapan operasi, juga dilaksanakan kegiatan latihan Force Down, dengan skenario Lanud Balikpapan menerima Lasa “X” atau pesawat asing yg di Force down oleh pesawat Tempur kita yg sedang melaksanakan patroli perbatasan, karena telah melanggar batas teritorial NKRI dan sebelumnya telah dilaksanakan prosedur pengusiran oleh pesawat tempur kita namun masih tetap melanggar, Akhirnya Lasa “X” dipaksa mendarat di Lanud BPP.

Baca juga:  Komandan Lanud Maimun Saleh Melaksanakan Pengecekan Posko Covid -19 Dan Ruang Isolasi Di Bandara Maimun Saleh.

Kegiatan tersebut turut melibatkan sebagian Personel Lanud Balikpapan, karena sebagai Lanud operasi, dan berdasarkan Protap penerimaan Force down, maka Lanud Balikpapan melaksanakan prosedur penerimaan pesawat tersebut dengan diawali dari pengawalan pesawat asing setelah mendarat menuju parkir baru dilaksanakan pemaksaan keluar pesawat, dan interogasi terhadap crew pesawat asing tersebut.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel