Berita

Latihan Navigasi Udara Angkatan Udara Rusia Kunjungi Biak

Dibaca: 115 Oleh 05 Jan 2018Tidak ada komentar
Latihan Navigasi Udara Angkatan Udara Rusia Kunjungi Biak
#TNIAU 

Mabes TNI, Cilangkap (5/1). Negara Indonesia menganut politik non blok, tidak  memihak kepada salah satu blok baik barat maupun timur, sehingga persahabatan dan kerjasama antara TNI AU dengan Angkatan Udara Rusia dari waktu ke waktu tetap dilaksanakan, apalagi saat ini Indonesia menggunakan pesawat SU 27/30, mau tidak mau persahabatan tetap harus terpelihara dengan baik.

    Hal ini tidak  saja soal pembelian pesawat Sukhoi Su-27/30,  tetapi juga kepada persahabatan para perwiranya.  Seperti yang baru berlangsung di Lanud Manuhua Biak, dimana puluhan personel Angkatan Udara Rusia, yang dipimpin oleh Commander of air squadron Let  Vladimir Golovkin mengunjungi Pangkalan Udara (Lanud) Biak, Papua pada tanggal 5 Desember 2017.  Kedatangannya disambut oleh Pangkosek Hanudnas IV Biak Marsma TNI Heraldy Dumex Dharma M.Si (Han), Komandan Lanud Biak Kolonel Pnb Fajar Adrianto, M.Si dan Forkompinda Biak.

   Dengan menggunakan dua pesawat Ilyusin IL-76 sebagai tim aju dan dua pesawat bomber Tupolev Tu-95 yang sudah mendapat SC (security clereance) dari Mabes TNI dengan nomor UD/17918/SIN-29/XI/2017, Flight Clearance (FC) dari Kementerian Perhubungan dengan Nomer : UD/18255/SIN.-06/XII/2017 dan  Flight Approval (MFA) dari Kementerian Luar Negeri,  personel Angkatan Udara Rusia mendarat di bandara Frans Kaisiepo, Biak pada Selasa dinihari (5/12).

Baca juga:  DANLANUD SJAMSUDIN NOOR MENGIKUTI LOKAKARYA SMK PENERBANGAN BANJARBARU

    Misi mereka  melaksanakan latihan terbang navigasi jarak jauh, yang dikombinasikan dengan program kunjungan  persahabatan antara kedua Angkatan Udara.

   Kedatangan pesawat Rusia merupakan kegiatan penerbangan latihan navigasi jarak jauh.  Latihan Navigasi seperti ini merupakan hal biasa yang dilakukan oleh para crew untuk mempertahankan profesionalisme  awak pesawat,. Secara politis sangat baik utk memberikan informasi bahwa Papua tidak seperti yang selama ini di beritakan, kunjungan ini bisa memberikan iklim positif bagi pengusaha atau wisatawan asing untuk menikmati indahnya pemandangan laut di wilayah Papua
Selain itu, Selama di Biak,  rombongan Angkatan Udara Rusia,  mengunjungi Makosek Hanudnas IV dan juga Lanud Biak.  Disamping melakukan kunjungan wisata hingga Sabtu (9/12) ke beberapa obyek wisata yang ada di pulau  Biak Papua.

   Dua pesawat angkut berat Rusia jenis Ilyushin-76  datang lebih dulu membawa 81 personel dan peralatan ground handling untuk mendukung kedatangan 2 pesawat bomber Tupolev-95 yang tiba berikutnya.  Kedua pesawat Il-76 tersebut berangkat dari Ukraina melalui Singapura dan Manila, kemudian menuju ke Biak. Sementara dua pesawat bomber Tu-95 terbang langsung dari Vladivostok ke Biak selama lebih kurang 12 jam penerbangan. Total personel Angkatan Udara Rusia yang berkunjung ke Biak sebanyak 110 orang.

Baca juga:  LANUD ABD SALEH LAKSANAKAN MINGGU DISIPLIN PRAJURIT

    Diharapkan kegiatan kunjungan Angkatan Udara Rusia kali ini dapat meningkatkan kerjasama antara Angkatan Udara kedua negara sekaligus memberikan informasi kepada dunia bahwa papua cukup aman, juga mengenalkan potensi wisata di Indonesia.

    Selain itu kunjungan tersebut sangat memberikan wawasan dan pengetahuan tambahan bagi personel TNI AU tentang kemampuan operasional pesawat-pesawat Rusia melalui interaksi dengan personel AU Rusia.

 

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel