Berita

Latihan Penanganan Kecelakaan Pesawat di Bandara El Tari

Dibaca: 5 Oleh 27 Des 2016Tidak ada komentar
P-51 Mustang, Perintis Tim Aerobatik TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Jenis pesawat Boing 737-900 No. Reg Pk-xxx tergelincir di Bandara El Tari tepatnya di run way 25 menabrak gedung ILS yang ada di sebelah kiri yang mengakibatkan pesawat beserta gedung terbakar. Pesawat awal mulanya landing dengan kondisi normal pada saat landing roll, tiba- tiba strut landing gear sebelah kiri mengalami patah mengakibatkan L/H engine tergesek ke run way sehingga menimbulkan percikan api dan terbakar. Dengan jumlah penumpang 180 personel 7 crew dan jarah dari center ke tail pesawat 175 meter sedangkan kondisi pesawat engine 2 terbakar, nose pesawat terbakar karena menabrak gedung bahkan badan pesawat terpecah menjadi 2 bagian, Jumat (23/12).

Seluruh personel Lanud El Tari, Paskhas, Satrad 226 Buraen dan Avsec terjun langsung dalam pengamanan dan pengevakuasian korban serta dengan bantuan pemadam kebakaran dan medis dari Lanud El Tari dan Bandara, dalam kecelakaan ini menewaskan Captain dan co pilot yang tergencet di cockpit dan beberapa penumpang yang mengalami luka berat dan ringan seperti patah kaki dan luka-luka yang langsung di bawa ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penangan medis.

Baca juga:  Pramuka Saka Dirgantara di Lanud Padang

Dihari yang bersamaan Danlanud El Tari Kolonel Pnb Jorry S. Koloay,S.IP mendapat informasi melalui via telepon dari Kabandara bapak Wahyudi bahwa setelah kejadian pesawat tergelincir di Bandara El Tari telah terjadi aksi demo dengan skala tinggi sehingga avsec dan satgas pam tidak mampu menghalau. Akhirnya Danlanud El Tari memerintahkan Kadisops Mayor Pas I Made untuk segera memberikan bantuan pasukan Dhakura Lanud El Tari yang tergabung dengan Satrad 226 Buraen dan Kipan c Yonko 466 Paskhas untuk memukul mundur para pedemo yang kecewa terhadap janji pemerintah untuk pembuatan rumah gratis yang belum terealisasi hingga saat ini. Kejadian ini adalah merupakan simulasi uji protap Lanud El Tari dengan PT Angkasa pura Bandara El Tari untuk mengantisipasi setiap kejadian yang ada di bandara El Tari dan sekitarnya agar lebih kondusif dalam penerbangan maupun keamanan di wilayah sekitar Bandara El Tari.

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel