Berita

Latihan Penanggulangan Kebakaran Lanud Sugiri Sukani Dilaksanakan dengan Aman dan Lancar

Dibaca: 16 Oleh 14 Sep 2020Tidak ada komentar
Latihan Penanggulangan Kebakaran Lanud Sugiri Sukani dilaksanakan dengan aman dan lancar.
#TNIAU 

TNI AI. Dalam rangka program kerja Lanud Sugiri Sukani melaksanakan kegiatan latihan dalam penanggulangan Bahaya Kebakaran dan Sosialisasi Alat Pemadam Kebakaran, Majalengka, Jum’at  (11/09/2020).

Kegiatan dipimpin Kadisop Lanud Sugiri Sukani Mayor Lek Dedi, S.T., M.Si., sementara bertindak sebagai Kordinator Latihan adalah Kasiopslat Lanud Sugiri Sukani Lettu Lek Waji dengan diikuti 70 Personel Lanud Sugiri Sukani.

Adapun skenario Latihannya adalah diskenariokan pesawat jenis helikopter mengalami kerusakan pada mesin. Selanjutnya, melaksanakan pendaratan darurat di Lanud Sugiri Sukani.

Kadisops Lanud Sugiri Sukani saat membuka latihan mengatakan bahwa kegiatan ini untuk menyegarkan kembali pengetahuan akan alat pemadam api. Serta memperdalam kembali cara penggunaan alat pemadam api. Teknik memadamkan api dengan menggunakan alat pemadam api tradisional, serta teknik memadamkan api yang berkoordinasi dengan Damkar Pemkab Majalengka.

Selain itu, Kadisops juga menjelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan seperti yang tertuang dalam Keputusan Kepala Staf Angkatan Udara nomor 3 tahun 2015. Dan latihan simulasi ini berdasarkan program kerja Dinas Operasi Lanud Sugiri Sukani tahun anggaran 2020, dimana setiap tahunnya secara rutin, setiap tabung yang kosong, setelah digunakan akan dikembali ke Depo 70 Lanud Abdul Rahman Saleh Malang, untuk pengisian kembali.

Baca juga:  HUT ke-69 POM AU di Makassar “KORPS BARET BIRU DITUNTUT MAKIN PROFESIONAL”

Dimana Dinas Operasi dalam pelaksanaan tugas-tugasnya, mempunyai kewajiban untuk merencanakan dan melaksanakan dukungan operasi penerbangan terhadap semua pesawat yang datang dan pergi dengan penerbangan lintas Pangkalan TNI AU/Lanud, sedangkan siebaseops dibantu oleh, Subseksi Pengawasan Lalu Lintas Udara, Subseksi Metereologi dan Subseksi Base Resque.

Kegiatan latihan ini melibatkan satu unit kendaraan Damkar dari UPT Kab. Majalengka yang dipimpin oleh Bapak Nono beserta sembilan orang pengikut.

“Dalam memadamkan api, saya tekankan kembali agar selalu melihat arah angin. Disaat kita berjalan mendekati media yang terbakar, tubuh kita harus searah dengan datangnya angin. Jika menggunakan tabung, perhatikan terlebih dahulu indikator tekanan tabung. Apabila jarum tabung berada di zona hijau berarti kondisi tekanan baik,” ujar Bapak Nono dari UPT Damkar Kab. Majalengka saat memberikan informasi teknis terkait pemadam kebakaran.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut Kadislog Lanud Sugiri Sukani Mayor Tek Apriyono Prihantoro, S.T., Kadispers Lanud Sugiri Sukani, Mayor Adm Muhamad Yunus, S. Sos., Karuops Lanud Sugiri Sukani Kapten Tek Mulyadi Joyomartono, dan Pgs. Kakes Lanud Sugiri Sukani, Letda Kes dr. Hafidz Aditya.

Baca juga:  Komandan Lanud Sam Ratulangi Hadiri Upacara HUT ke-74 TNI

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel