TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Latihan Penanggulangan Kebakaran, Uji Kesiapan dan Kesigapan Personel Roesmin Nurjadin

By 22 Nov 2018 November 23rd, 2018 Berita
latihan_penanggulangan_kebakaran__2_

TNI AU. Dalam rangka menguji sampai dimana kesiapan dan kemampuan seluruh personel pendukung operasi udara dalam menghadapi bahaya kebakaran, Lanud Roesmin Nurjadin melaksanakan latihan penanggulangan kebakaran yang dilaksanakan di Hanggar Lengkung, Lanud Roesmin Nurjadin, Rabu (21/11).

Dalam kegiatan ini diasumsikan Lanud Roesmin Nurjadin melaksanakan latihan rutinΒ  penerbangan di Military Training Area (MTA), di periode terakhir, salah satu pesawat F-16 mengalami suatu emergency ketika sedang melaksanakan rolling take off, karena speed pesawat belum mencapai speed stop maka penerbang memutuskan untuk melaksanakan abort take off. Namun pada saat abort terjadi pecah ban yang menyebabkan pesawat keluar landasan dan terbakar di sisi grass trip military side, secara cepat penerbang pesawat tersebut masih mampu keluar dari pesawat walaupun mengalami luka bakar.

Atas kejadian tersebut duty di tower bandara SSK II segera memberi informasi melalui HT kepada Baseops Lanud Rsn dan secara parallel Kadisops Lanud Rsn segera memerintahkan Base Rescue serta crash team Skadron Udara 16 merapat ke tempat terjadinya pesawat crash untuk melaksanakan prosedur pemadaman kebakaran terhadap pesawat tersebut.

Selanjutnya Satuan-satuan yang terkait langsung melaksanakan tugasnya masing-masing, satuan Pemadam Kebakaran (PK) dengan cepat memadamkan api, sedangkan Satuan Polisi Militer langsung mengisolir lokasi kejadian dan melaksankan pengamanan dan penyelidikan bersama dengan satuan Intelijen dan Pengaman, sedangkan Rumkit langsung melaksanakan evakuasi korban.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Latihan Penanggulangan Kebakaran, Uji Kesiapan dan Kesigapan Personel Roesmin Nurjadin