TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Latihan Perkasa Kohanudnas 2018, Jaga Kemampuan Sishanud Indonesia

ft1perkasa18

 TNI AU. Panglima Kohanudnas Marsekal Muda TNI Imran Baidirus, S.E. selaku Direktur Latihan Perkasa “A” secara resmi membuka Latihan Hanud Perkasa “A” tahun 2018 melalui  video conference (vicon) di ruang Yudha Popunas Kohanudnas Jakarta, Senin (30/4). Acara pembukaan Latihan Perkasa “A” ini dihadiri pejabat Makohanudnas seperti Kaskohanudnas Marsma TNI Arif Mustofa,  para asisten, Staf Ahli dan pejabat Makohanudnas lainnya.   Vicon diikuti oleh seluruh Kosekhanudnas dan unsur-unsur hanud lainnya yang terlibat latihan.

Dalam sambutanya Panglima Kohanudnas menyampaikan,”Latihan Perkasa “A” merupakan latihan hanud sebagai kelanjutan Latihan Kilat dan Cakra yang dilaksanakan Kohanudnas untuk menghadapi ancaman nyata di wilayah tanggung jawab tiap Kosekhanudnas, melalui uji aplikasi, piranti lunak, serta kesiapan Kosekhanudnas dan jajarannya dalam menghadapi kontijensi guna mewujudkan Sistem Pertahanan Udara Nasional (Sishanudnas) yang handal. Latihan Perkasa dilaksanakan di wilayah Kosekhanudnas I, dengan tujuan meningkatkan kemampuan dan menguji kesiapsiagaan Kosekhanudnas I beserta unsur operasional jajarannya dalam melaksanakan tugas pertahanan udara di wilayah udara bagian barat NKRI beserta unsur pertahanan udara, unsur kewilayahan sehingga tercapai kesiapan operasional secara nyata,” tegasnya.

Lebih lanjut dikatakan,”Melalui Latihan Perkasa, diharapkan akan terwujud konsep strategis untuk penangkalan yang dapat memberikan efek tangkal penindakan, terhadap niat lawan yang akan melakukan penyerangan, juga terwujudnya konsep strategis penindakan, jika lawan memaksakan untuk melakukan serangan, baik secara terbatas maupun konvensional ke wilayah Kosekhanudnas I,” jelas Pangkohanudnas.

Dalam Latihan Perkasa “A” TA. 2018 ini dilibatkan satu flight pesawat Tempur Sergap F-16 dari Skadron Udara 16 Lanud Rusmin Nurjadin, satu flight pesawat Hawk 109/209 dari Skadron Udara 1 Lanud Supadio, Pesawat Boeing 737, C-130 Skadron Udara 31, KRI Bung Tomo-357, Kodim dan Koramil jajaran Kodam XII/TPR, Denhanud 473 Paskhas, Satrad 211 Tanjung Kait, Satrad 212 Ranai, Satrad 213 Tanjung Pinang, Satrad 214 Tegal, Satrad 215 Congot, Satrad 216 Cibalimbing, Helikopter SAR, Tim SAR Paskhas, MCC Bandara Soekarno Hatta dan PT. Pertamina Siantan Pontianak sebagai obyek vital.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Latihan Perkasa Kohanudnas 2018, Jaga Kemampuan Sishanud Indonesia