Berita

Latihan Pertahanan Pangkalan di Lanud Adisutjipto

Dibaca: 109 Oleh 21 Mar 2019Tidak ada komentar
Latihan Pertahanan Pangkalan di Lanud Adisutjipto
#TNIAU 

TNI AU. Sebanyak 90 anggota yang tergabung dalam kompi pasukan cadangan Lanud Adisutjipto melaksanakan Latihan Pertahanan Pangkalan (Hanlan) di Lanud Adisutjipto, Upacara pembukaan Latihan Hanlan dipimpin oleh Kadisops Kolonel Pnb Andi Wijanarko mewakili Danlanud Adisutjipto. Rabu, (20/3).

Komandan Lanud Adisutjipto dalam sambutannya mengatakan salah satu tolok ukur dari keberhasilan Latihan Hanlan yang akan kita laksanakan antara lain adalah terselesainya tugas sesuai dengan alokasi yang telah ditetapkan. Kecepatan, ketepatan bertindak dalam menghadapi berbagai bentuk ancaman, gangguan dan rintangan dari pihak lawan yang dapat merugikan baik materiil, personel maupun sarana dan prasarana pangkalan, juga telah dapat dilaksanakan sesuai prosedur operasi Hanlan yang ada dengan baik dan benar. Sehingga apabila para peserta latihan terbiasa menghadapi situasi yang memaksa, sewaktu-waktu dihadapkan pada penugasan sesungguhnya tidak akan mengalami hambatan yang berarti.

Selaku prajurit TNI AU dituntut siap setiap saat untuk melaksanakan tugas sesuai yang dibutuhkan  agar tugas pokok TNI Angkatan Udara dapat dilaksanakan dengan baik dan sukses. Karenanya, saya tekankan hendaknya pengetahuan yang baru saja diperoleh dari latihan nantinya dapat dipraktekkan dengan baik dan benar dalam situasi terburuk sekalipun.

Baca juga:  KUNJUNGAN ATHAN AUSTRALIA

“Dari Latihan Hanlan ini diharapkan Lanud Adisutjipto akan lebih memiliki kemampuan dan kesiapsiagaan operasional bidang Hanlan yang memadai, untuk itu bagi kita tentunya merupakan masa tugas yang tidak ringan, terlebih lagi tidak menutup kemungkinan akan dihadapkan kepada berbagai situasi yang sama-sama tidak kita inginkan, yang mau tidak mau harus dihadapi dengan profesionalitas yang tinggi,” tegasnya.

Kasi Opslat Lanud Adisutjipto Mayor Pnb Slamet mengatakan tujuan dilaksanakan latihan Kamhanlan adalah untuk memberikan pengetahuan penyegaran dan melatih keterampilan bagi anggota Lanud Adisutjipto dalam mencegah, menangkal dan menggagalkan setiap ancaman terhadap keamanan dan pertahanan Lanud Adisutjipto. Sasarannya salah satunya tercapainya kemampuan perorangan dan kelompok dalam menjaga keamanan dan pertahanan Pangkalan Udara Adisutjipto.

Lebih lanjut Kasi Opslat mengatakan bahwa latihan Hanlan dilaksanakan mulai tanggal 20 sampai dengan tanggal 21 Maret 2019. Hari pertama dilaksanakan teori dan praktek bongkar pasang senjata, petempuran tingkat regu, pleton dan kompi. Adapun praktek peta dan kompas, alarm stelling, kontak tembak dan konsolidasi berada di Lanud Adisutjipto.

Baca juga:  Sukses Rakit Jenis Pesawat Ultralight, Pesawat Hercules TNI AU Terbangkan Haerul ke Jakarta Temui KASAU

IMG-20190320-WA0084

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel