Berita

LATIHAN PPRM, ANTISIPASI RUSUH MASSA DI LANUD SULAIMAN

Dibaca: 13 Oleh 26 Sep 2013Tidak ada komentar
P-51 Mustang, Perintis Tim Aerobatik TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Kepala Seksi Pertahanan Pangkalan (Kasi Kamhanlan) Mayor Psk Yuhendi mewakili Kepala Dinas Operasi (Kadisops) Lanud Sulaiman Letkol Lek Cholik Priyanto dihadapan seluruh personel menyampaikan materi Penganggulangan Penindakan Rusuh Massa (PPRM) di Lapangan Apel Staf II Lanud Sulaiman, Bandung, Kamis (26/09).

Dalam kegiatan yang berlangsung setelah apel pagi, Kasi Kamhanlan menjelaskan PPRM sesuai dengan prosedur tetap (Protap) yang ada. “Hal ini penting untuk disampaikan kepada para anggota agar menjadi pedoman pasukan di lapangan dalam menghadapi rusuh masa, untuk itu setiap anggota harus memahami dan menghayati hakekat PPRM”, katanya.

Pasukan PPRM perlu disiapkan untuk mengantisipasi bila timbul ketegangan-ketengan yang dapat berujung demonstrasi warga terhadap TNI AU khususnya. Tetapi ada juga Potensi lain sebagai pemicu ketegangan yang berujung pengerahan masa seperti disebabkan ketidakpuasan dari faktor idelogi, politik, ekonomi dan sosial budaya maupun faktor lainnya akibat pengaruh dari dalam maupun luar negri, jelasnya.

Untuk itu Kasi Kamhanlan menghimbau kepada para anggota setelah menerima penjelasan dan praktek PPRM harus memahami dan siap apabila sewaktu-waktu diperintahkan menghalau massa dan mengamankan pangkalan atau aset Lanud Sulaiman, maupun apabila sewaktu-waktu Lanud Sulaiman diminta bantuannya oleh Polri. Dengan bekal pengetahuan tersebut, lanjut Kasi Kamhanlan, sekecil apapun kesalahan dapat diminimalkan termasuk menghindari pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM).

Baca juga:  Wingdikum Giatkan Olahraga Tenis Meja

Setelah penyampaian materi dilanjutkan dengan praktek menggunaan tongkat dan tameng secara baik dan benar, serta praktek menghalau massa dengan menggunakan formasi seperti bersaf, berbanjar dan paruh lembing.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel