BeritaFoto

Latihan Pra Tugas Operasi Intelijen Udara di Buka Kaskoopsau I

Latihan Pra Tugas Operasi Intelijen Udara di Buka Kaskoopsau I
#TNIAU 

TNI AU. Semakin maraknya bentuk pelanggaran dan semakin masifnya, modus operandi kejahatan menuntut insan intelijen harus semakin waspada jeli dan peduli terkait semua bentuk kerawanan yang timbul diantara kita.

Pangkoopsau I Marsda TNI M. Khairil Lubis dalam amanatnya yang dibacakan oleh Kaskoopsau I Marsma TNI Ir. Tedi Rizalihadi S., M.M. mengatakan “Dipilihnya Lanud Hang Nadim Batam sebagai tempat latihan pra tugas satgas operasi intelijen Cakra Biru I karena memenuhi unsur dari kebutuhan insan intelijen yang akan dicapai. Sasaran secara kualitatif latihan pra tugas ini adalah mewujudkan kemampuan intelijen udara khususnya alat wahana udara untuk mendapatkan data analisis dan disampaikan menjadi informasi”.

Selanjutnya Pangkoopsau I dalam pesan elektroniknya juga berpesan agar insan intelijen memahami SOP (standar operasi prosedur) pengamanan bandara di masing-masing lanud serta lebih mendalami spesifikasi bandara di wilayahnya seperti bandara di Batam yang mengedepankan Bea Cukai dan kemudian diikuti aparat keamanan penegak hukum lainnya.

Latihan pra tugas satgas operasi intelijen udara “Cakra Biru I” ini merupakan program kerja Koopsau I TA. 2020 bidang intelijen, yang bertujuan untuk menyiapkan, membekali dan menyamakan persepsi personel intelijen jajaran Koopsau I guna mengantisipasi serta merespon setiap potensi ancaman yang mungkin terjadi. Antisipasi terhadap setiap bentuk ancaman harus ditanggulangi dengan kesiapan maksimal.

Baca juga:  Pengarahan Danlanud Sim kepada Bintara PK TNI AU

Lebih jauh Pangkoopsau I menambahkan sasaran secara kualitatif latihan pra tugas ini adalah mewujudkan kemampuan intelijen udara, khususnya alat wahana udara untuk mendapatkan data analisis dan disampaikan menjadi informasi. Berikutnya insan intelijen diharapkan mempunyai satu pemahaman yang holistik dalam menyikapi isu-su taktis dan strategis yang terjadi di Indonesia. Sasaran selanjutnya adalah meningkatkan kemampuan pembentukan pengendalian jaring agen (networking) dan interoperability dan terakhir membangun kemampuan deteksi dan identifikasi dini serta pelaporan yang benar, cepat dan akurat.

Usai dibuka oleh Kaskoopsau I latihan pra tugas operasi intelijen udara “Cakra Biru I” dilanjutkan dengan pembekalan dari beberapa instansi yang terkait dari Danlanud Hang Nadim Batam, Danpom Koopsau I, Kepala BPBD Prov. Kepri, Dandim 0316 Batam, Kepala Imigrasi kelas I khusus Batam, Kabinda Prov. Kepri. Latihan ini diikuti oleh 26 personel dari jajaran TNI AU dan Mabes TNI.

Latihan Pra Tugas Operasi Intelijen Udara di Buka Kaskoopsau I

Latihan Pra Tugas Operasi Intelijen Udara di Buka Kaskoopsau I

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel