Berita

LATIHAN PUNCAK TNI AU “ANGKASA YUDHA” 2013 AKAN DI GELAR DI NATUNA

Dibaca: 2 Oleh 29 Agu 2013Tidak ada komentar
indonesianf16pesawat0170 tniau
#TNIAU 

Kawasan Natuna, provinsi Kepulauan Riau pada akhir Oktober 2013 mendatang bakal menjadi ajang digelarnya latihan puncak TNI AU “Angkasa Yudha” (AYU) tahun 2013. Kepastian itu, terangkum dalam paparan Rencana Garis Besar (RGB) latihan AYU oleh Dirlat (Direktur Latihan) Marsda (Marsekal Muda) TNI Sudipo Handoyo dihadapan Kasau Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia, di Mabesau, Cilangkap baru-baru ini. Hadir pada paparan ini para pejabat teras TNI AU.

Dalam paparan tersebut, Marsda TNI Sudipo Handoyo yang saat ini juga menjabat sebagai Komandan Sekolah Staf dan Komando TNI AU (Seskoau) itu, menjelaskan latihan AYU akan dibagi dalam dua kegiatan utama, yaitu gladi posko dan gladi lapang. Untuk Gladi Posko akan dilaksanakan pada 21 – 24 Oktober 2013 di kampus Seskoau Lembang, Bandung. Sedangkan gladi lapang (Manuver Lapangan) digelar 28 Oktober hingga 1 November 2013 di kepulauan Natuna.

Untuk mendukung kelancaran latihan, saat ini tim Kelompok Perancang Latihan (KPL) yang sudah dibentuk, dibawah pimpinan Wadirlat (Wakil Direktur Latihan) Marsma (Marsekal Pertama) TNI Adang Supriyadi sedang melakukan penyusunan dan penyempuraan RGB sekaligus merancang seluruh dinamika penyelengaraan latihan. Tim KPL nantinya akan menghasilkan dokumen gladi latihan berupa buku I, IIA dan IIB, yang akan menjadi refensi seluruh kegiatan latihan, baik pada tahap Posko maupun Manuver Lapangan.

Tema latihan yang diangkat kali ini adalah “Komando Tugas Udara Gabungan Beserta perkuatannya melaksanakan operasi udara di pulau Natuna dan sekitarnya guna mendukung Komando Gabungan TNI dalam rangka menjaga keutuhan NKRI”.

Tujuan latihan adalah untuk menguji doktrin satuan, meningkatkan kemampuan personel Koopsau I, Koopsau II, Kohanudnas, Korpaskhas beserta pendukungnya. Sementara sasarannya meliputi aspek strategis, operasinal, taktik dan teknik , prosedur, aspek psikologis serta aspek Litbang.

Puluhan pesawat tempur, angkut, intai dan helikopter akan dikerahkan dalam manuver lapangan. Demkian juga satuan radar serta ratusan prajurit Korpaskhas juga akan di dilibatkan untuk mendkung latihan puncak TNI AU ini.

Baca juga:  Gubernur AAU : “Quality Determine The Outcome”

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel