Berita

Latihan Rajawali Perkasa 2019 Masuki Tahap Manuver Lapangan

Latihan Rajawali Perkasa 2019 Masuki Tahap Manuver Lapangan
#TNIAU 

TNI AU. Usai melaksanakan gladi posko, latihan satuan Lanud Halim Perdanakusuma dengan sandi Rajawali Perkasa 2019 memasuki tahap manuver lapangan, yang digelar seputaran Lanud Halim Perdanakusuma Rabu (27/3).

Komandan Wing Udara 1 Lanud Halim Perdanakusuma Kolonel Pnb Firman Wirayuda selaku Direktur Latihan menyebutkan bahwa kegiatan manuver lapangan merupakan rangkaian latihan yang sudah digladikan pada hari sebelumnya.

“Beberapa unsur yang dilibatkan meliputi unsur angkut, unsur VVIP, unsur Heli, unsur SAR, unsur Intai dan unsur Pertahanan Pangkalan sesuai dengan perannya masing-masing”, Danwing  Udara 1 menambahkan.

“Unsur angkut melibatkan beberapa pesawat CN-295 dari Skadron Udara 2, dan beberapa pesawat C-130 Hercules dari Skadron Udara 31”, ujar Danwing Udara 1.

“Pesawat CN-295 bertugas melaksanakan survey dan pemotretan udara, tujuannya mengetahui kondisi lapangan guna operasional pesawat udara dan pasukan yang akan didatangkan beserta bantuan lainnya, selain itu, pesawat ini juga melaksanakan Medik Udara, dan penerjunan Tim Assesment Paskhas untuk membuka jalur komunikasi dan menilai kerusakan akibat bencana, sehingga akan diketahui secara nyata kondisi daerah bencana, baik dari aspek dampak bencana, maupun prioritas kebutuhan logistik didaerah bencana”, paparnya.

“Kemudian dilanjutkan drooping pasukan dengan cara penerjunan statik menggunakan C-130 Hercules, dan pengiriman bekal logistik ke daerah bencana dengan cara diterjunkan menggunakan metode helly box (bekal ulang logistik) menggunakan CN-295”, lanjutnya.

Selanjutnya dijelaskan, “Selain C-130 Hercules, dan pesawat CN-295, juga dilatihkan angkutan udara VVIP/VIP menggunakan pesawat AS/NAS 332 dari Skadron Udara 45, dan konjerat VVIP/VIP  untuk melaksanakan misi standby konjerat VVIP/VIP menggunakan pesawat B-737 Skadron Udara 17 ”.

“Selain kegiatan operasi dukungan udara, guna meningkatkan profesionalisme personel pendukung, juga dilatihkan simulasi penanganan kondisi emergency oleh crash team serta penaggulangan huru hara oleh seksi Hanlan, Satpomau, Intelpam Lanud Halim Perdanakusuma”, pungkasnya

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel