Berita

Latihan Sar Gabungan Albatros Ausindo

Dibaca: 4 Oleh 18 Okt 2012Tidak ada komentar
indonesianf16pesawat0170 tniau
#TNIAU 

Pesawat AP-3C Orion dari RAAF 10th Squadron ketika sedang melaksanakan patroli menemukan adanya kemungkinan sebuah kapal mendapat kecelakaan di wilayah perairan sebelah utara Darwin. Informasi tersebut kemudian disampaikan kepada Boeing 737-200 intai milik Skadron 5 Makassar yang selanjutnya mencoba mengidentifikasi kebenaran akan informasi yang sudah disampaikan sebelumnya, dan ternyata memang benar terdapat sebuah kapal yang mengalami kecelakaan di area tersebut.

Selanjutnya AP-3C Orion bersiap melakukan Operasi Search and Rescue guna menyelamatkan korban yang terdapat di dalam kapal tersebut. Diawali dengan menjatuhkan flare (bom asap) guna menandai bahwa di wilayah tersebut terdapat kapal yang mengalami kecelakaan. Dilanjutkan dengan menjatuhkan Heli Box yang berisi (raft) rakit, makanan serta radio untuk digunakan oleh para korban sebelum mendapatkan pertolongan selanjutnya dari penjaga pantai.

Itulah gambaran skenario dari kegiatan Joint Simulated Search and Rescue (Simulasi SAR) yang dilaksanakan oleh Skadron 5 Makassar dan RAAF 10th Squadron dalam pelaksanaan Latma Albatros Ausindo pada hari kedua, Rabu (17/10).

Baca juga:  Komandan Lanud Sjamsudin Noor Hadiri Upacara Hari Kesadaran Nasional

Walaupun hanya bersifat simulasi, namun kegiatan ini tentu dapat menambah skill atau kemampuan air crew baik dari Skadron Udara 5 Makassar maupun RAAF 10th Squadron dalam melaksanakan operasi Search and Rescue (SAR), terutama kegiatan SAR gabungan.

Kegiatan ini sendiri berlangsung aman dan lancar, serta tanpa terkendala suatu apapun.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel