Berita

Latihan SAR Tempur dibuka di Wing III Diklat Paskhas.

Dibaca: 26 Oleh 26 Okt 2010Tidak ada komentar
Sukhoi Su-27
#TNIAU 

Bandung, (26/10). Dinamika perkembangan kehidupan sehari-hari yang tidak menentu, terkait faktor alam serta tuntutan tugas yang sewaktu-waktu berkembang dalam melaksanakan evakuasi di daerah pertempuran dikaitkan faktor ancaman maka diperlukan suatu penyiapan kekuatan guna mencapai profesionalisme prajurit sesuai dengan bidang tugas yang diemban.

Hal tersebut disampaikan Komandan Korps Paskhas MarsekalPertama TNI Harry Budiono dalam smbutan tertulisnya yang dibacakan Asisten Operasi Korps Paskhas Kolonel Psk Rolland DG. Waha pada upacara Pembukaan Latihan Pratugas Satuan Korps Paskhas SAR Tempur, di lapngan Upacara Wing III Diklat Paskhas, Lanud Sulaiman, Bandung. Senin (26/10).

Dankorpaskhas mengingatkan, dikaitkan dengan tugas diemban TNI berdasarkan Undang-Undang RI Nomor 34 Tahun 2004 bahwa tugas TNI selain melaksanakan Operasi Militer Untuk Perang juga melaksanakan Operasi Militer Selain Perang (OMSP), Korps Paskhas merupakan bagian dari integral TNI menjadi tugas dan tanggung jawabnya dalam mempersiapkan kekuatan menghadapi tugas SAR Tempur maupun SAR Kemanusiaan.

Dalam rangka meningkatkan kemampuan, Ketrampilan satuan Paskhas yang disiapkan untuk SAR Tempur, maka telah diterbitkan direktif latihan pratugas operasi. sebagai acuan bagi penyelenggaraan latihan yang bersifat penggunaan kekuatan TNI.

Baca juga:  DANLANUD PADANG BUKA KEJUARAAN PARALAYANG PORPROV DILAMPULUH KOTA

Sedangkan tujuan dilaksanakannya Pratugas SAR Tempur untuk membekali para prajurit Paskhas serta Satgas Paskhas agar memiliki kemampuan taktik dan tehnik bertempur, serta mengaplikasikan petunjuk operasi dan petunjuk tehnis satuan untuk SAR Tempur dalam rangka menjaga kedaulatan wilayah NKRI. Tambahnyanya.

Dankorpaskhas mengharapkan, beberapa sasaran yang ingin dicapai pada latihan SAR Tempur ini antara lain, terwujudnya pemahaman, pengalaman dan kemampuan praktis terhadap perencanaan dan pelaksanaan SAR Tempur guna melaksanakan tugas, Tercapainya kemampuan dan keterpaduan K3I antar satuan dan uji doktrin dalam pelaksanaan SAR Tempur serta menghasilkan data masukan untuk penyempurnaan doktrin, Terwujudnya koordinasi dan kerja sama yang baik antar satuan jajaran yang terlibat dalam latihan.

Dan terwujudnya penyelenggaraan operasi perebutan dan pengendalian pangkalan udara yang terpadu sesuai dengan kemampuan, kekuatan dan pola gelar, tersusunnya rencana pelibatan dan rencana gerak satuan pelaksana operasi jajaran paskhas serta tercapainya Zero Accident dalam setiap pelaksanaan kegiatan latihan maupun operasi. Tambah Dankorpskhas.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel